Dark/Light Mode

Debat Cawapres AS Tidak Seru

Lalat Juaranya

Jumat, 9 Oktober 2020 07:30 WIB
Cawapres Amerika Serikat (AS) Mike Pence dari Republik (kiri) dan Kamala Harris dari Demokrat. (Foto: Istimewa)
Cawapres Amerika Serikat (AS) Mike Pence dari Republik (kiri) dan Kamala Harris dari Demokrat. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Wejangan Page manjur juga. Sepanjang 1,5 jam, hampir tak ada saling interupsi atau meledek. Memang di awal awal ada momen saat Pence menyela Harris yang sedang berbicara soal buruknya penanganan pandemi Corona yang dilakukan Trump.

Namun, Harris dengan tegas meminta Pence diam dulu. “Tuan Wakil Presiden, saya sedang berbicara,” kata mantan Jaksa Agung California tersebut, sambil tersenyum.

Diminta begitu, Pence langsung diam dan tak berani menyela lagi sampai akhir sesi. Memang masih ada satu dua serangan dari masing-masing cawapres, namun cenderung monoton.

Berita Terkait : Wapres AS Mike Pence dan Istri Negatif Corona

Dalam debat ini, Harris menyebut, pemerintahan Trump dan Pence menutupi informasi soal bahaya Corona kepada masyarakat pada Januari 2020. “Rakyat Amerika telah menyaksikan kegagalan terbesar dari pemerintahan Kepresidenan mana pun dalam sejarah negara kita,” ujar Harris.

Pence tentu saja melawan. Dia bilang, kebijakan Trump sudah sangat baik. Salah satunya dengan menutup akses penerbangan dari China sejak awal Januari. Dia malah melihat kebijakan Biden hanya meniru Trump.

Secara umum, Harris mendominasi debat. Perempuan kulit hitam berusia 55 tahun itu mampu mencuri perhatian pemirsa. Ia dianggap tegas dan berani beradu argumen dengan Pence.

Berita Terkait : Trump dan Biden Tua-tua Keladi

Hasil survei yang dilakukan CNN menyebut mayoritas warga AS menyebut Harris pemenang debatnya. Warga menyebut Harris mampu memberikan penampilan terbaiknya ketika menjawab pertanyaan moderator dan merespons pernyataan Pence.

Namun, warganet menilai pemenang debat sebenarnya adalah lalat yang hinggap di kepala Pence. Saat debat sesi penegakan hukum, memang ada insiden lucu. Seekor lalat hinggap di kepala Pence. Pence yang sedang berbicara, tak sadar ada seekor lalat hinggap di kepalanya selama kurang lebih dua menit. Lalat itu diam saja meski Pence menggerakkan kepalanya ke sana ke mari, saat berbicara.

Rupanya warganet lebih suka kejadian ini dari keseluruhan debat. Saking banyaknya yang mengomentari, tagar #TheFly dan #MikePence jadi trending topic di Twitter AS.

Berita Terkait : Debat Dikuasai Trump, Biden Masih Unggul

Komentar warganet lucu-lucu. akun @ida_skibenes berkelakar, lalat itu harus dikarantina. Hal tersebut ia katakan karena Pence merupakan salah satu orang terdekat Trump yang sudah positif Covid.

Biden turut mengomentari momen kemunculan lalat di kepala Pence. Ia mengunggah foto saat memegang penepok lalat. [BCG]