Dewan Pers

Dark/Light Mode

Melihat Kota Teheran Dari Dekat Saat Ulang Tahun

Jumat, 9 Oktober 2020 18:54 WIB
Azadi Tower, Iran. (Foto IST)
Azadi Tower, Iran. (Foto IST)

RM.id  Rakyat Merdeka - Memperingati hari ulang tahun (HUT) ke Kota Teheran, Iran, Konsulat dan Kedutaan Besar (Kedubes) Iran di Jakarta, menggelar pameran foto virtual.

Pameran bisa diakses lewat aplikasi Artsteps. Tiap kita mengklik layar yang terdapat foto, maka gambar akan bergerak dan fokus ke foto tersebut. Gambar juga dilengkapi nomor.

Di bagian paling depan, tampak foto landmark kota, Menara Azadi (Azadi Tower). Lengkap dengan taman-taman yang berada di sekelilingnya.

Azadi Tower dalam pameran virtual ini terlihat di gambar nomor 7. Terus berjalan, pengunjung disambut semacam lorong yang terdapat sekat-sekat seperti ruangan. Di sebelah kanan, terdapat foto Menara Milad atau Milad Tower pada malam hari. Menara ini berada di gambar nomor 3.

Indahnya Kota Teheran di malam hari.

Berita Terkait : Menag: Tindak Tegas Kerumunan Hajatan Kankemenag Jombang

Masih di ruangan yang sama, terlihat gambar Menara Internasional Teheran di nomor 5. Di ruangan-ruangan berikutnya, karya foto indah dan menarik kembali disajikan. Seperti foto Jembatan Tabiat. Yang disajikan dalam dua suasana. Siang hari di foto nomor 6. Dan malam hari di foto nomor 14.

Setelah menjelajahi bangunan modern, pengunjung diajak melihat bangunan-bangunan tradisional. Seperti Museum Nasional yang terlihat di foto nomor 15. Serta Museum Sinema di foto nomor 17.

Tempat menarik lainnya yakni, atraksi pariwisata. Seperti foto resort liburan Tochal yang berselimut salju di nomor 50. Tak jauh dari foto itu, di gambar nomor 9 terlihat pemandangan Kota Teheran yang di belakangannya terdapat pegunungan tertutup salju.

Selanjutnya, terdapat foto berjudul Grand Bazaar Tehran. Tak ada nomor di foto karya fotografer bernama Amirii itu. Di dekatnya di foto nomor 26, terdapat Oudlajan Bazaar. Dengan ciri khasnya berupa payung-payung.

Berita Terkait : Melania Trump Pilih Karantina Di Gedung Putih

Beberapa makanan khas Iran juga 'disajikan' dalam foto. Seperti yang terlihat di nomor 32 sampai 36. Kembali ke bagian depan, terdapat foto Kota Teheran pada malam hari. Fotonya paling besar dibandingkan puluhan foto lainnya yang juga dipamerkan.

Teheran dengan populasi 13 juta jiwa adalah ibu kota Iran. Dan salah satu kota penting dunia. Lebih dari setengah industri Iran terletak di sini.

Teheran terletak di kaki pegunungan Alborz dengan jaringan jalan tol yang tak tertandingi di Asia Barat. Banyak museum besar, pusat seni, dan kompleks istana di kota itu. Dalam catatan, terdapat sekitar 61 museum.

Teheran juga disebut sebagai kota seribu kubah dan kota taman. Selain itu juga banyak terdapat bangunan berarsitektur dengan kubah, termasuk pada bangunan masjid-masjidnya. Tiap 5 Oktober diperingati sebagai HUT Kota Teheran.

Berita Terkait : Kiat Bertahan Body Repair Cahabat dimasa Pandemi

Berdasarkan bukti-bukti historis, Teheran punya latar belakang sejarah 7 ribu tahun yang silam. Sejak 230 tahun sebelumnya juga menjadi pusat kekaisaran Persia. Pada 7 Oktober 1906 resmi menjadi ibu kota Iran. Berdasarka penanggalan Iran (14 Mehr bulan ke-7 Iran), dicocokkan tahun ini jatuh pada 5 Oktober. Oleh karena itu, hari tersebut (tahun ini bertepatan dengan 5 Oktober) dicatat sebagai hari jadi Teheran yang telah berlalu 115 tahun.[PYB]