Dark/Light Mode

Sarah McBride, Transgender Pertama Senator AS

Kamis, 5 November 2020 08:53 WIB
Sarah McBride berharap bisa menjadi inspirasi para transgeder. (AP/Paul Sancya)
Sarah McBride berharap bisa menjadi inspirasi para transgeder. (AP/Paul Sancya)

RM.id  Rakyat Merdeka - Rakyat Amerika Serikat (AS) dalam pilpres 3 November tak hanya memilih antara Donald Trump dan Joe Biden sebagai presiden baru, warga AS juga menentukan para senator yang akan mewakili suara mereka di pemerintahan.

Salah satu senator dinyatakan memenangkan suara adalah Sarah McBride di negara bagian Delaware. Politikus itu resmi menjadi transgender pertama yang terpilih sebagai senator AS.

Baca juga : Jenderal Luhut Terima Dengan Lapang Dada

Terpilihnya Sarah sebagai senator membuatnya mencetak sejarah sebagai transgender terbuka pertama yang memiliki posisi tertinggi dalam politik AS.

Sarah berharap jika ia bisa menginspirasi sesama anak-anak transgender. "Saya harap hasil malam ini bisa membawa pesan kepada anak-anak muda transgender. Mereka bisa tidur (nyenyak setelah) mengetahui bahwa mimpi-mimpi dan kebenaran-kebenaran mereka tidak terbatas," ungkapnya.

Baca juga : Siaga Covid, RS Pertamina Cilacap Raih Penghargaan Kategori RS BUMN

Wanita 30 tahun tersebut sudah tidak asing dengan dunia politik dan kepemimpinan. Sebelumnya ia pernah magang di Gedung Putih di masa kepemimpinan Obama. Aktivis LGBTQ tersebut juga sempat menjadi sekretaris pers untuk organisasi Human Rights Campaign.

Sedangkan di 2002, ia memutuskan untuk jadi transgender saat menjabat sebagai ketua mahasiswa American University. Sebagai seorang transgender dan aktivis LGBTQ, Sarah McBride mengaku ingin menjadi wakil dari kaumnya yang sering dijadikan candaan dalam komedi atau drama.

Baca juga : Syarief Kecam Presiden Prancis Biarkan Penistaan Nabi

"Saya tahu seberapa besar dampaknya sebagai orang muda yang kesulitan mencari tempat di dunia. Ketika tumbuh di desa, tidak ada contoh sesuatu yang seperti ini," tandas politisi Demokrat itu. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.