Dark/Light Mode

Kedubes Inggris Luncurin HERfuture Buat Pengusaha Wanita Indonesia

Rabu, 11 November 2020 17:27 WIB
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins. (Foto Dok RMco.id)
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins. (Foto Dok RMco.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Inggris di Jakarta bersama Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPPA) dan Krealogi Du Anyam meluncurkan program pelatihan dan pendampingan secara online HERfuture, Rabu 11/11).

Du Anyam merupakan wirausaha sosial berbasis kerajinan tangan, yang sudah berdiri sejak 2015. Mereka kemudian menciptakan Krealogi, sebagai platform digital supply chain yang mempercepat pertumbuhan UMKM.

Program bersama Kedubes ini diberi nama HERfuture. Bentuknya, memberikan pelatihan dan pendampingan secara online untuk pengusaha perempuan dengan bisnis mikro dan ultra mikro, dengan usia 30-50 tahun. Sasaran peserta pun dilirik dari enam wilayah marginal, seperti di Lombok Tengah, Rembang, Kendal, Bangka Tengah, Cilegon dan Palembang. Dalam keterangan Kedubes Inggris, dirancang oleh UK- Indonesia Tech Hub, tujuan utama HERfuture adalah untuk meningkatkan literasi digital dan keamanan internet bagi para pe- serta. Sehingga, para pengusaha perempuan dapat memaksimalkan penggunaan teknologi yang mendukung bisnis mereka. Selain itu, juga untuk men

Pelatihan online Kedubes Inggris ini masih dalam bagian dari program UK-Indonesia Tech Hub. Kali ini, sasaran pelatihannya adalah para ibu rumah tangga yang melakukan usaha di tengah pandemi Virus Corona.

Baca juga : Peduli Pendidikan, Ruangguru Luncurkan ruangpeduli

Program ini menyasar pengusaha perempuan dengan bisnis mikro dan ultra mikro, dengan usia 30-50 tahun. Sasaran peserta pun dilirik dari enam wilayah marginal seperti di Lombok Tengah, Rembang, Kendal, Bangka Tengah, Cilegon dan Palembang.

Dirancang UK-Indonesia Tech Hub, program HERfuture bertujuan untuk mendukung visi Pemerintah Indonesia dalam memberdayakan ekonomi digital dan mendorong digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Dalam Keterangan Kedubes Inggris, tujuan utama UK-Indonesia Tech Hub adalah untuk meningkatkan literasi digital dan keamanan internet bagi para peserta untuk mendukung pengusaha perempuan, agar siap secara digital dan memaksimalkan penggunaan teknologi yang mendukung bisnis mereka. 

Tujuan kedua, adalah untuk mendorong pemulihan ekonomi dari dampak Covid-19, sementara tujuan ketiga adalah meningkatkan mata pencaharian pengusaha perempuan di lokasi sasaran. 

Baca juga : Bamsoet Dorong Pemerintah Perkuat Kerja Sama Pariwisata Indonesia-Turki

Duta Besar Inggris untuk Indonesia Owen Jenkins dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga menghadiri peluncuran HERfuture,  Rabu (11/11). Keduanya memberi semangat kepada sekitar 100 peserta yang hadir dalam pelatihan daring tersebut.

Para peserta yang merupakan pengusaha perempuan yang tersebar di enam wilayah berdasarkan rekomendasi KPPPA diseleksi melalui Krealogi Du Anyam. Kemudian nantinya akan mengikuti pelatihan Literasi Digital dan Keuangan, dan 10 Modul Dasar Keterampilan Non Teknis serta Operasional untuk Kinerja Usaha Mikro dan Ultra Mikro, dan Akses Pasar.

Selain itu, fasilitator lokal di setiap wilayah akan beperan sebagai mentor.  Mereka membantu peserta untuk mengikuti lokakarya daring dalam kelompok-kelompok kecil guna menerapkan apa yang telah mereka pelajari ke dalam bisnis yang sedang berjalan.

Peserta akan diberikan kesempatan untuk mengimplementasikan apa yang telah dipelajari ke dalam format kerja yang diberikan dengan menggunakan pengalaman mereka.

Baca juga : Vaksin Merah Putih Jadi Bukti Kemandirian Indonesia

Dalam menyambut program HERfuture, Dubes Jenkins menyampaikan, kemitraan ini memberikan dorongan yang signifikan bagi pengusaha perempuan skala rumah-tangga. Selain itu, Jenkins juga mengatakan bahwa UMKM memiliki peran penting dalam perekonomian Indonesia, dengan menyumbang 60 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan 97 persen dari angkatan kerja.

"Kami berharap melalui program HERfuture ini, para pengusaha perempuan skala rumah-tangga dapat meningkatkan keterampilan literasi digital, keamanan internet, keuangan, dan operasional untuk UMKM," sambungnya.

"Inggris sebagai pusat teknologi dan digital di Eropa dapat memainkan peran strategis untuk membantu pemanfaatan teknologi yang membuka peluang perkembangan ekonomi di Indonesia," tutur Jenkins. 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Inggris melalui UK-Indonesia Tech Hub dan Du Anyam. Selain itu, Menteri Bintang Puspayoga juga berharap bahwa program tersebut dapat membuka peluang kerja sama selanjutnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.