Dark/Light Mode

Dubes AS Sung Kim Serahkan 83 Ventilator Untuk RS Jawa Tengah

Senin, 16 November 2020 11:29 WIB
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Kim. (Foto Dok RMco.id)
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Kim. (Foto Dok RMco.id)

RM.id  Rakyat Merdeka - Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika Serikat (USAID) menyerahkan bantuan 83 unit ventilator kepada rumah Sakit (RS) rujukan penanganan Covid-19, di Jawa Tengah.Ventilator tersebut, secara resmi diserahkan Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Sung Yong Kim kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Jumat (13/11).

Dubes Kim menyampaikan, ventilator itu merupakan bagian dari bantuan 1.000 ventilator yang diberikan Pemerintah AS melalui USAID. Bantuan ventilator ini adalah bagian bantuan AS dengan total senilai 11 juta dolar AS atau sekitar Rp 187 miliar.

Baca juga : Airlangga Serukan Ormas Pendiri Partai Golkar Ikut Lawan Corona

“Bantuan ventilator ini mencerminkan komitmen Amerika Serikat untuk bermitra dan mendukung Indonesia dalam menangani sekaligus menanggulangi penyebaran pandemi Covid-19,” kata Kim dalam keterangannya, kemarin.

Kim menjelaskan, ventilator yang didonasikan bentuknya ringkas dan mudah dipindahkan. Sehingga, memberikan fleksibilitas kepada tim medis di Indonesia dalam perawatan pasien Covid-19. Selain ventilator, Kim menyampaikan, Pemerintah AS juga memberikan bantuan lain. Melalui USAID, Pemerintah AS juga mendanai pelatihan bagi tenaga kesehatan (nakes) di Indonesia tentang cara menggunakan peralatan serta prosedur operasi standar dan pemeliharaannya.

Baca juga : Paus Fransiskus Doakan dan Ucapkan Selamat Untuk Joe Biden

Sementara, Gubernur Ganjar menyebutkan, bantuan Pemerintah AS merupakan bentuk perhatian besar. “Dukungan Pemerintah AS tersebut mencakup bantuan dari pemerintah, kalangan dunia usaha, LSM serta sejumlah organisasi keagamaan yang ada di Amerika,” ungkapnya.

Sebagai informasi, selama berkiprah 20 tahun terakhir USAID telah menginvestasikan tak kurang dari 1 miliar dolar AS atau sekitar Rp 14 triliun bagi sektor kesehatan di Indonesia.[DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.