Dark/Light Mode

Perayaan 65 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Vietnam

Nuansa Merah Putih Semarakkan Gedung Opera Hanoi Malam Hari

Rabu, 18 November 2020 11:50 WIB
Perayaan 65 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Vietnam Nuansa Merah Putih Semarakkan Gedung Opera Hanoi Malam Hari

RM.id  Rakyat Merdeka - Gedung Opera Hanoi pada Senin (16/1) malam tampak semarak dengan nuansa merah putih. Salah satu landmark kota Seribu Danau itu menjadi tuan rumah acara Malam Persahabatan untuk memperingati 65 Tahun Hubungan Diplomatik RI-Vietnam.

Acara tersebut diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Hanoi (KBRI Hanoi) bekerja sama dengan Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, Republik Sosialis Vietnam (MOCST). Hampir 500 penonton menghadiri acara itu. Mereka terdiri dari para pejabat pemerintah Vietnam, duta besar dan diplomat dari negara sahabat, perwakilan perusahaan, pelajar, serta perwakilan masyarakat Indonesia di Vietnam.

Wakil Menteri Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Vietnam Tang Quang Dong. (KBRI Hanoi)

Sejumlah tamu kehormatan yang hadir antara lain Anggota Komite Pusat sekaligus Pimpinan media The Voice of Vietnam, Nguyen The Ky, Wakil Menteri Kebudayaan, Olahraga dan Pariwisata, Ta Quang Dong, Wakil Menteri Luar Negeri Vietnam, Nguyen Quoc Dzung dan Nguyen Minh Vu.

Sejak menjalin hubungan diplomatik pada 1955, Indonesia dan Vietnam telah berkolaborasi untuk menciptakan persahabatan yang erat dan berkontribusi positif terhadap pembangunan kedua negara. Persahabatan itu telah mencapai titik tertinggi berupa hubungan Kemitraan Strategis, dengan kerja sama yang terus meningkat, baik secara bilateral, regional, maupun di fora multilateral.

Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Ibnu Hadi.

Baca juga : Rokok Bisa Menghanguskan Gedung Kejaksaan Agung

Acara Malam Persahabatan Indonesia - Vietnam merupakan refleksi kedekatan hubungan kedua negara. “Ini merupakan sarana untuk mempromosikan citra positif kedua negara, serta meningkatkan kerja sama kita dalam berbagai bidang,” ujar Duta Besar Republik Indonesia untuk Vietnam, Ibnu Hadi, dalam sambutannya.

Sementara itu, Wakil Menteri Ta Quang Dong menyatakan keyakinannya, acara Malam Persahabatan ini juga akan berkontribusi terhadap kerja sama kedua negara di tingkat regional.

“Selain memperkuat solidaritas, acara ini juga berperan dalam memperkenalkan identitas ASEAN kepada komunitas internasional,” ujarnya.

Tepuk tangan dan sorak sorai para penonton yang berasal dari berbagai negara menyambut penampilan yang disuguhkan. KBRI Hanoi bekerja sama dengan alumni Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia (BSBI) tahun 2016, Le Tran Thao Nhi, serta para pemelajar Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di Hanoi untuk menampilkan seni tari dan lagu yang menunjukkan kekayaan budaya Indonesia.

Baca juga : Demi Hadapi Iran, Bahrain Resmikan Hubungan Diplomatik Dengan Israel

Penampilan tersebut menyuguhkan kolaborasi Tari Sekar Jepun dari Bali, Tari Bajidor Kahot dari Jawa Barat, serta tari modern. Pertunjukan yang kompak itu merefleksikan semangat generasi muda Indonesia dan Vietnam dalam mewarnai hubungan kerja sama kedua negara.

Dalam acara tersebut, juga dilakukan penyerahan hadiah bagi pemenang Kompetisi Video “Aku dan Indonesia” yang diadakan KBRI Hanoi. Kompetisi Video tersebut dibuka untuk masyarakat Vietnam secara umum, dan mewajibkan peserta untuk membuat video kreatif yang melukiskan makna Indonesia bagi mereka dalam Bahasa Indonesia.

Pemenang pertama, Pham Thi Yen Oanh, dan pemenang kedua, Dinh Thi Thai Linh, memperoleh hadiah uang tunai dan paket tur ke Indonesia yang dipersembahkan oleh Golden Tour and Convention. Sedangkan juara ketiga, Nguyen Ngoc Huong, memperoleh hadiah uang tunai.

Keakraban pada Malam Persahabatan semakin menghangat dengan sebuah penampilan istimewa. Sebagai penutup acara, Dubes Ibnu Hadi berduet dengan penyanyi Vietnam, Bao Tram, dan membawakan lagu “Si Jantung Hati” dalam bahasa Indonesia dan Vietnam.

Baca juga : 6 Serangan Roket Kembali Hantam Bandara Erbil Irak

Penampilan tersebut disambut dengan gemuruh tepuk tangan para penonton, yang meninggalkan acara dengan senyum dan nuansa persahabatan antara Indonesia dan Vietnam. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.