Dark/Light Mode

Peringati 70 Hubungan Diplomatik, Kapal Iran Kunjungi Jakarta

Selasa, 25 Februari 2020 16:52 WIB
Kapal Iran Kharg (Foto: Dok. Kedubes Iran)
Kapal Iran Kharg (Foto: Dok. Kedubes Iran)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapal Republik Islam Iran (Kharg) bersandar di Pelabuhan Tanjung Priok, Selasa (25/2). Kedatangan kapal itu untuk merayakan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Iran. Kapal tersebut dijadwalkan berada di Indonesia selama empat hari. 

Atase Pertahanan Kedutaan Besar Republik Islam untuk Jakarta, Colonel Mohammad Behrouz, Iran dan Indonesia memulai hubungan diplomatiknya sejak 1950. Pada 2020 ini, kedua negara akan merayakan 70 tahun hubungan diplomatiknya. Dalam kaitan ini serangkaian kegiataan akan dilakukan kedua negara untuk merayakan momentum mulia ini.

Baca juga : BNPB: Pengambilan Air Tanah Picu Banjir di Jakarta

“Salah satu agenda yang direncakan kedua pihak untuk menyambut 70 tahun hubungan diplomatik adalah kunjungan antara kapal kedua negara. Pada hari ini, Kapal Kharg, milik angkatan bersenjata Iran, mengunjungi Jakarta,” ujarnya dalam keterangan yang diterima redaksi, Selasa (25/2).

Kapal Kharg berangkat dari pelabuhan Bandar Abbas Iran dan membawakan 300 mahasiswa Akademi Angkatan Laut Iran. Kharg masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok hari ini. Kharg akan meninggalkan Indonesia pada tanggal 28 Februari 2020. 

Baca juga : Perkuat Diplomasi Pertahanan, Prabowo Kunjungan Kerja Ke Abu Dhabi

Mohammad Behrouz menerangkan, Indonesia merupakan salah satu negara sahabat bagi Iran. Kedua negara bekerja sama di berbagai bidang. Begitu juga di bidang pertahanan, terjadi saling kunjungan antara pejabat militer kedua negara dan terdapat tekad yang baik antara pejabat kedua pihak untuk memperluaskan kerjasama. 

Dia menyebut, Iran dan Indonesia memiliki peran yang begitu strategis dan penting untuk mejaga keamanan di barat dan timur Asia. Khususnya pada perairan kawasan masing-masing antara lain Selat Hormoz dan Selat Malaka. 

Baca juga : Lestarikan Pancasila, Badan Sosialisasi MPR Kunjungi Vatikan

“Pertemuan dengan pejabat TNI AL Republik Indonesia, Open Ship, dan olahraga bersama dengan mahasiswa Akademi Angkatan Laut Indonesia adalah sebagian dari rangkaian kegiatan yang akan dilakukan oleh kapal Kharg di Indonesia,” tandasnya. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.