Dark/Light Mode

UEA dan Israel Buka Hubungan Diplomatik

Amerika Janjikan Warga Muslim Bebas Kunjungi Masjid Al-Aqsa

Selasa, 18 Agustus 2020 20:50 WIB
Penasehat senior Presiden Donald Trump, Jared Kushner
Penasehat senior Presiden Donald Trump, Jared Kushner

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Amerika Serikat menjanjikan, dibukanya hubungan diplomatik Uni Emirat Arab dan Israel bakal memudahkan umat Muslim dari seluruh dunia berkunjung ke Masjid Al-Aqsa yang terletak di Yerusalem.

Hal ini diutarakan penasehat senior Presiden Donald Trump, Jared Kushner. Menurutnya, hubungan diplomatic UEA-Israel akan membuat umat Muslim bebas datang dan berdoa di masjid Al-Aqsa tanpa khawatir direcoki tentara Israel. 

Baca juga : Agar Palestina Nggak Dicaplok, UEA Dipaksa Buka Hubungan Diplomatik Dengan Israel


 "Saya tahu banyak Muslim yang senang bahwa mereka sekarang dapat terbang melalui Dubai ke Tel Aviv untuk pergi dan mengunjungi Masjid Al-Aqsa," kata Kushner seperti dikutip dari Arab News, kemarin.

Dia mengatakan, Raja Yordania Abdullah II akan terus sebagai penjaga Masjid Al-Aqsa.
 

Baca juga : Iwan Bogananta Paparkan Cara Jadikan Eropa Timur sebagai Pasar Produk RI

Seperti diketahui, secara de yure Yerusalem merupakan wilayah Palestina. Namun kini sebagian besar kawasan ini sudah dikangkangi Israel. Bahkan belakangan, Israel sudah memproklamirkan Yerusalem sebagai Ibu Kotanya yang baru menggantikan Tel Aviv. 

Melanjutkan keterangan, kata Kushner, normalisasi hubungan Israel dan UEA memberikan optimisme besar bahwa Timur Tengah tidak harus terjebak dalam konflik di masa lalu.
Dia mengatakan, visi Presiden Trump untuk perdamaian yang diajukan pada Januari ditujukan untuk mencapai solusi dua negara dalam konflik Palestina dan Israel.

Baca juga : Tak Ada Reservasi Baru, Penerbangan Domestik Terakhir Beroperasi Hari Ini

"Presiden Trump tahu Israel setuju untuk bernegosiasi berdasarkan visi Presiden, sepakat pada peta, dan sepakat untuk melangkah maju untuk negara Palestina. Ini terobosan besar," ujar Khushner. [KRS]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.