Dark/Light Mode

Nikmati Wonosobo, Dubes India Lihat Potensi Kerja Sama Antar Desa

Senin, 23 November 2020 11:55 WIB
Duta Besar India Untuk Indonesia,  Pradeep Kumar Rawat. [Foto: indoindians.com]
Duta Besar India Untuk Indonesia, Pradeep Kumar Rawat. [Foto: indoindians.com]

RM.id  Rakyat Merdeka - Keindahan Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah telah membawa Duta Besar India untuk Indonesia Pradeep Kumar Rawat berkunjung. Selain menikmati keindahan alamnya, Dubes yang fasih bahasa Mandarin itu juga bersilaturahmi ke pejabat setempat.

Dubes Rawat ke Wonosobo bersama sang istri, Shruti Rawat. Mereka menikmati matahari terbit di Bukit Sikunir, Sembungan. Kemudian berkunjung ke kebun dan pabrik pengolahan teh di PT Tambi Kejajar, yang populer dengan teh Tambi.

Tak lupa, mereka juga belanja di pasar tradisional Garung. “Wonosobo sangat terkenal dengan keindahan alam dan pesona sunrise (matahari terbit),” ujar Dubes yang pernah bertugas di Beijing, China, dalam keterangan persnya.

Baca juga : Jokowi Ajak ASEAN Dan India Perkuat Kerja Sama

Dalam perjalanan itu, Rawat menemui Bupati Wonosobo Eko Purnomo, di Kompleks Pendopo Kabupaten Wonosobo. Kedatangannya sebagai bentuk silaturahmi, sekaligus berdiskusi tentang penanganan pandemi Covid­19, pembangunan desa serta potensi pariwisata.

“Kami ingin menindaklanjuti adanya program kerja sama antara Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) dengan Pemerintah India dalam bidang pembangunan desa,” kata Rawat.

Program kerja sama tersebut sebenarnya telah berjalan. Bahkan, 20 kepala desa (Kades) dari Indonesia telah dikirim ke India. Termasuk Kades dari Burat, salah satu wilayah di Kabupaten Wonosobo.

Baca juga : Indonesia Dan Chile Teken Kerja Sama Produk Halal

“Dalam catatan kami, kepala desa yang ikut dalam kunjungan ke India atas nama Ahmad,” katanya.

Karena itu, Rawat mengaku tertarik datang langsung ke Wonosobo. Selain ingin mengetahui sejauh mana implementasi hasil program tersebut, penggemar Batik itu juga ingin membuka kemungkinan kunjungan balasan dari perwakilan desa­-desa di India ke Indonesia.

“Tentu dari kunjungan ini banyak yang bisa kita pelajari bersama, sehingga ke depan membawa manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat, baik bagi Wonosobo maupun India,” kata Eko.

Baca juga : RI Perluas Kerja Sama Mangrove Dengan Arab

Rawat juga berdiskusi perihal penanganan pandemi Covid­19, sehingga bisa menjadi referensi dan pembelajaran bersama kedua belah pihak.

Di akhir pembicaraannya, Rawat menyampaikan, India tengah memperingati 150 tahun Bapak Kemanusiaan Mahatma Gandhi. Dalam kunjungan tersebut, pihaknya memberikan hadiah berupa buku tentang tokoh besar dunia tersebut kepada Pemerintah Kabupaten Wonosobo. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.