Dark/Light Mode

Biden Umumkan Nama-Nama Menteri, Perempuan Jadi Calon Kuat Menhan

Selasa, 24 November 2020 11:59 WIB
Michele Flournoy, salah satu kandidat kuat calon Menteri Pertahanan AS. [Foto: Alex Wong/Getty Images]
Michele Flournoy, salah satu kandidat kuat calon Menteri Pertahanan AS. [Foto: Alex Wong/Getty Images]

 Sebelumnya 
Duta Besar untuk PBB: Linda Thomas-Greenfield

Dia adalah wanita kulit hitam yang menjabat sebagai diplomat tertinggi Obama di Afrika dari 2013 hingga 2017, dan memimpin kebijakan AS di sub-Sahara Afrika selama wabah Ebola di Afrika Barat.

Utusan Khusus Presiden untuk Masalah Iklim: John Kerry

Baca juga : Antony J Blinken, Calon Kuat Menteri Luar Negeri AS

Mantan Senator dan Menlu Pemerintahan Obama ini akan menjadi orang khusus yang menangani permasalahan iklim di Pemerintahan Biden. Kerry akan membantu merundingkan kembali Kesepakatan Iklim Paris di mana Biden ingin bergabung kembali.

2 Kandidat Menteri Pertahanan

Namun, ada sejumlah posisi menteri yang belum diumumkan. Salah satunya adalah Menteri Pertahanan. Setidaknya ada dua kandidat yang digadang-gadang bakal menduduki posisi ini, yaitu:

Baca juga : Kemenhub Bangun 4 Kapal Wisata Di Labuan Bajo Dan Bunaken

Michele Flournoy:

Bila jadi ditunjuk, Flournoy akan menjadikan wanita pertama yang memimpin Pentagon. Dia adalah pejabat tinggi Departemen Pertahanan di pemerintahan Bill Clinton dan Barack Obama dan menjadi Penasihat kampanye Biden tentang masalah pertahanan dan mendirikan perusahaan konsultan dengan Anthony Blinken.

Tammy Duckworth:

Baca juga : Wamendes Budi Arie: Perempuan di Desa Harus Jadi Kekuatan Ekonomi

Senator dari Illinois ini awalnya sempat diunggulkan sebagai calon Wakil Presiden Biden. Duckworth kehilangan kedua kakinya saat helikopternya diserang ketika bertugas di Irak pada 2004. Duckworth adalah Asisten Menteri Urusan Veteran di bawah Obama. Bila ditunjuk, dia akan menjadi anggota menteri Thailand-Amerika pertama di AS. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.