Dark/Light Mode

Kemenhub Bangun 4 Kapal Wisata Di Labuan Bajo Dan Bunaken

Kamis, 19 November 2020 07:52 WIB
Ilustrasi kapal wisata yang akan dibangun untuk mendukung wisata super prioritas.
Ilustrasi kapal wisata yang akan dibangun untuk mendukung wisata super prioritas.

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun empat unit Kapal Wisata Bottom Glass, atau kapal dengan dasar kaca di dua daerah destinasi wisata. Kapal kaca ini untuk mendukung wisata super prioritas. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Andi Hartono mengatakan, empat kapal wisata itu akan ditempatkan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan dua unit Kapal Wisata Bottom Glass Catamaran. 

Sementara, dua unit Kapal Wisata Bottom Glass Trimaran ditempatkan di Bunaken, Sulawesi Utara. Total biaya mencapai Rp 76,6 miliar.

Baca juga : Jelang Nataru, Kemenhub Uji Kelaikan Kapal Di 51 Pelabuhan

"Alhamdulillah peletakan lunas (keel laying) pembangunan empat unit kapal wisata bottom glass sudah dilakukan," ujarnya dalam keterangan resminya, Rabu (18/11). 

Menurutnya, pembangunan kapal wisata bottom glass ini dilakukan dalam rangka mendukung program pengembangan di kawasan lima destinasi wisata super prioritas.

Selain itu, untuk menarik wisatawan dalam negeri maupun mancanegara untuk melihat keindahan pemandangan bawah laut di Labuan Bajo dan Bunaken. 

Baca juga : Kongres Rakyat Flores Cium Ulah Mafia Tanah Rampas Tanah Ulayat Di Labuan Bajo

Andi menjelaskan, kegiatan pembangunan empat unit kapal wisata bottom glass ini dibiayai secara multi years dari dana APBN tahun Anggaran 2020 sampai 2021. 

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kemenhub, Antoni Arif Priadi mengungkapkan, untuk nilai kontrak pembangunan empat unit kapal wisata bottom glass sebesar Rp 76,6 miliar.

"Kegiatan keel laying pembangunan kapal Wisata Bottom Glass dilaksanakan setelah kemajuan pekerjaan mencapai 1 persen atau blok terpasang mencapai 50 ton," ungkapnya. 

Baca juga : Libur Panjang Kerek Angka Kasus Corona

Selain itu, Antoni juga meminta kepada masyarakat sekitar destinasi wisata untuk berkontribusi dalam pengembangan pariwisata setempat. [KPJ]
 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.