Dark/Light Mode

Positif Corona Saat Hamil 10 Minggu

Wanita Singapura Ini Happy, Bayinya Terlahir Dengan Antibodi Covid-19

Senin, 30 November 2020 06:26 WIB
Celine Ng-Chan dan putranya, Aldrin Zaccheus Chan (Foto: The Straits Times)
Celine Ng-Chan dan putranya, Aldrin Zaccheus Chan (Foto: The Straits Times)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tangis bahagia meledak, saat warga Singapura bernama Celine Ng-Chan yang terinfeksi Covid-19 pada masa kehamilan, melahirkan anak keduanya di National University Hospital (NUH) pada 7 November 2020.

Anak Ng-Chan yang berjenis kelamin laki-laki, hadir ke dunia dalam kondisi sehat dan selamat. Tak kurang suatu apa pun. Beratnya 3,5 kg. Bayi bernama Aldrin Zaccheus Chan itu tak hanya bebas dari Corona, tetapi juga memiliki antibodi Covid-19.

Baca juga : Perkuat Ekosistem Digital, TapCash BNI Bantu Percepatan Penanganan Covid-19

Padahal, Ng-Chan positif Covid saat usia kehamilannya mencapai 10 minggu.

"Ini menakjubkan. Dokter anak bilang, saya sudah tak memiliki antibodi Covid-19 lagi. Tapi, Aldrin punya. Dokter menduga, saya mentransfer antibodi Covid-19 ke Aldrin, selama masa kehamilan," ungkapnya.

Baca juga : Hingga Hari Ini, Bus Sekolah Telah Evakuasi 1.973 Pasien Covid

Ng-Chan menuturkan, masa kehamilannya sangat dramatis. Ia, ibu, dan anak perempuannya terjangkit Covid sepulang liburan keluarga dari Eropa pada Maret 2020. Suami dan ayahnya, aman tak terinfeksi.

Sang ibu yang berusia 58 tahun, Choy Wai Chee bahkan nyaris dijemput maut. Wanita yang berprofesi sebagai Office Manager itu dirawat selama 4 bulan. Hidupnya dibantu mesin selama 29 hari.

Baca juga : Ridwan Kamil Siap Jadi Relawan Vaksin Covid-19

Sementara Ng-Chan dan putri sulungnya, Aldrina hanya mengalami gejala ringan dan dirawat 2,5 pekan.

Saat dinyatakan positif Covid, Ng-Chan sedang hamil 10 minggu. "Kala itu, saya tak khawatir Aldrin tertular Covid. Karena saya tahu, risiko penularan dari ibu ke janin tergolong rendah," kenangnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.