Dark/Light Mode

Perkuat Ekosistem Digital, TapCash BNI Bantu Percepatan Penanganan Covid-19

Jumat, 20 November 2020 17:10 WIB
Pengunjung sebuah cafe sedang bertransaksi menggunakan kartu BNI TapCash di Jakarta, Jumat (20/11). (Foto: Dok.BNI)
Pengunjung sebuah cafe sedang bertransaksi menggunakan kartu BNI TapCash di Jakarta, Jumat (20/11). (Foto: Dok.BNI)

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk melalui kartu uang elektronik atau TapCash sebagai alternatif pembayaran, makin memperluas akseptasinya ke seluruh pelosok negeri seperti Medan, Padang, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Manado hingga Papua.

Akseptasi TapCash di pelosok akan memudahkan penerapan salah satu protokol kesehatan yaitu pembayaran non-tunai alias cashless di lokasi-lokasi wisata, mengingat masih belum selesainya pandemi Covid-19.

Baca juga : Bamsoet Minta PPAT Bantu Permudah Pengurusan Akta Tanah

Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies mengatakan, saat ini TapCash sudah bisa didapatkan di toko retail mitra BNI seperti Alfamart, Indomaret, Circle K, official store TapCash di e-Commerce seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Dinomarket atau di vending machine yang tersebar di area transportasi. "Sampai Oktober 2020, BNI sudah menerbitkan hampir 8 juta Kartu TapCash di seluruh Indonesia," imbuhnya, Jumat (20/11).

Tak cuma itu, berbagai transaksi seperti membayar tarif kendaraan umum, jalan tol, parkir, berwisata, sampai berbelanja di mini market serta merchant-merchant lain juga telah bekerja sama dengan BNI, bisa dilakukan dengan TapCash. "TapCash dapat menggantikan fungsi uang tunai sehingga transaksi dapat berlangsung dengan lebih mudah dan aman,” ujar Corina.

Baca juga : Relawan Akan Terus Solid, Bantu Pemerintah Tangani Covid-19

Demi memberikan lebih banyak kemudahan bagi penggunanya, perluasan akseptasi transaksi tentunya harus diimbangi dengan perluasan akseptasi isi ulang (top-up). Pengguna dapat melakukan isi ulang melalui e-channel BNI, e-Wallet seperti LinkAja dan Gopay, serta e-Commerce seperti Shopee, Bukalapak, dan Blibli. Bahkan, TapCash juga telah dapat diisi ulang melalui aplikasi Jenius.

Di era digitalisasi ini, segala kemudahan tersebut berhasil meningkatkan bisnis TapCash khususnya pada jumlah transaksi. Jumlah transaksi top up sampai dengan Oktober 2020 terdapat lebih dari 3,5 juta transaksi di mana jumlah tersebut meningkat sebesar 19,7 persen secara year on year (yoy).

Baca juga : Ngeri, 17 Daerah Pilkada Rawan Penyebaran Covid

"Selain itu, masyarakat dapat mengetahui info lengkap seputar TapCash baik akseptasi isi ulang, belanja, beragam desain, hingga berbagai program promo dapat dilihat di website TapCash.id,” pungkas Corina. [DWI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.