Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

10 Kota Besar Dunia Gelar Perayaan Tahun Baru 2021

Kamis, 31 Desember 2020 17:07 WIB
Lampu yang menunjukkan
Lampu yang menunjukkan "2021" di Times Square, New York, Amerika Serikat. (Foto Anadolu Agency/Tayfun Cokun/Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kota-kota besar di sejumlah negara tetap menggelar Perayaan Malam Tahun Baru 2021, walau tak seramai dan semeriah tahun lalu. Di tengah usaha pencegahan terhadap penyebaran Covid-19, acara pergantian tahun digelar terbatas untuk disiarkan ke publik lewat televisi maupun live streaming.

Berikut kota-kota yang masih mengadakan acara Malam Tahun Baru tanpa kerumunan:

1. London, Inggris. Pertunjukan kembang api ikonik London di atas Sungai Thames untuk  dibatalkan. Tapi akan ada siaran khusus di BBC untuk dinikmati di rumah saja.

Wali Kota London, Sadiq Khan, menyatakan, pihaknya akan menampilkan citra kota tersebut dengan suasana yang menarik dan memikat. Warga dapat menikmati kegembiraan tersebut melalui televisi dan media sosial.

"Kami tidak boleh kehilangan kesempatan itu karena malam Tahun Baru hal yang sangat ditunggu seluruh dunia untuk melihat betapa indahnya kota kami. Terutama selama resesi, kami perlu terus berinvestasi di kota kami dan kepada orang-orang yang datang ke London," katanya.

2. New York, Amerika Serikat.

Baca juga : Hentikan Saja Liga 1 2020, Mulai Musim Baru 2021

Setelah berlangsung lebih dari 20 tahun, Malam Tahun Baru tidak lengkap tanpa penurunan bola besar di Times Square, Kota New York. Bola itu biasa disebut dengan New Year’s Eve Ball. Meski ditutup untuk umum, acara berlangsung, dan disiarkan di televisi.

Waterford Crystal yang merupakan pembuat New Year’s Eve Ball mengambil tema menyambut 2021: "Gift of Happiness".

3. Los Angeles, Amerika Serikat.Tidak akan ada pertunjukan kembang api untuk umum. Namun masyarakat dapat menyaksikan pesta hitung mundur virtual yang dibintangi DJ Steve Aoki, yang disebut sebagai "pesta dansa virtual terbesar di Pantai Barat".

4. Dubai, Uni Emirat Arab Dubai. Salah satu negara di Timur Tengah itu menyediakan 11 tempat agar masyarakat dapat menyaksikan keindahan langit dengan kembang api pada malam 31 Desember 2020. Namun setiap orang yang datang harus negatif Covid-19.

5. Rio de Janeiro Rio, Brazil.

Kota yang dijuluki Sungai Januari itu telah membatalkan pertunjukan kembang api dan membatasi akses ke pantainya,  termasuk tempat pesta di Copacabana, untuk menghindari keramaian. Sebagai gantinya, akan ada siaran perayaan Tahun Baru virtual. 

Baca juga : Ingat, Jalur Puncak-Cianjur Ditutup Pada Malam Pergantian Tahun

6. Sydney, Australia.

Sydney menggelar acara Malam Tahun Baru hanya untuk disiarkan ke masyarakat. Alih-alih pertunjukan kembang api besar, acara berlangsung lebih sederhana di Sydney Harbour Bridge pada tengah malam.

Pemerintahan Negara Bagian New South Wales mengimbau masyarakat menyaksikan siaran Malam Tahun Baru di rumah saja.

7. Perth, Australia.

Warga Perh, Australia Barat cukup beruntung karena Malam Tahun Baru  berjalan normal. Dilansir ABCNews, Kota Perth akan menjadi tuan rumah pertunjukan jalanan dan hiburan. Seperti pertunjukan sirkus, pengamen, wahana karnaval, dan pasar di Northbridge pada pukul 6 petang hingga tengah malam.

Museum Boola Bardip juga akan menampilkan beberapa lokakarya anak-anak, tarian dan pertunjukan Aborigin. Selain itu, Perth Cultural Centre akan diterangi lampu-lampu proyeksi warna-warni yang indah. Untuk hadir pengunjung harus mendaftar dan diharuskan menerapkan protokol kesehatan. 

Baca juga : Satpol PP Akan Razia Penjual Terompet dan Petasan Tahun Baru di Yogyakarta

8. Auckland, Selandia Baru. Warga kota Aucland juga tak kalah beruntung. Mereka akan merayakan Tahun Baru Kemenangan.

Seperti diketahui, Auckland adalah kota besar pertama di dunia yang akan merayakan Tahun Baru dengan megah, wujud kebahagiaan  karena telah mengendalikan penyebaran Covid-19 dengan cepat.

Dewan ATEED (Pariwisata Auckland, Acara dan Pembangunan Ekonomi) mengkonfirmasi, pihaknya akan bekerja sama dengan SkyCity, Vector Lights, dan Heart of the City untuk mengadakan sesuatu yang baru.

Bangunan Sky Tower direncanakan akan menghiasi detik-detik malam di akhir Desember. Kemudian semua itu akan dipadukan dengan pesta kembang api yang lebih luar biasa.

9. Paris, Prancis. Tidak akan ada acara dibuka untuk umum dalam merayakan Tahun Baru di Paris. Tapi akan ada konser live streaming di Katedral Notre Dame oleh komposer Jean-Michel Jarre.

10. Singapura. Pertunjukan kembang api dengan latar belakang resor Marina Bay tidak akan terjadi tahun ini. Namun warga Singapura masih dihibur dengan pertunjukan kembang api People's Association (PA) akan berlangsung di area Dewan Perumahan (asosiasi perumahan). Juga akan disiarkan langsung di halaman Facebook komunitas. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.