Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gelar Haul Pertama

Iran Ancam Amerika Akan Balas Kematian Soleimani

Senin, 4 Januari 2021 06:16 WIB
Suasana peringatan setahun wafatnya komandan militer senior Iran Jenderal Qassem Soleimani.  (Foto: Reuters)
Suasana peringatan setahun wafatnya komandan militer senior Iran Jenderal Qassem Soleimani. (Foto: Reuters)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Iran memperingati haul pertama kematian Komandan Brigade Quds IRCG, Mayor Jenderal Qasem Soleimani yang dibunuh Amerika Serikat pada 3 Januari 2020 di Irak, kemarin. Kedutaan Besar Iran di Jakarta mengecam kembali peristiwa tersebut dan mengutuk perbuatan Negeri Paman Sam itu.

“Republik Islam Iran akan mengerahkan seluruh kapasitas politik, hukum dan internasionalnya untuk membalas teror jahat ini. Iran tidak akan terpancing perkembangan situasi. Dan, akan memberikan pembalasan yang tegas pada waktu dan tempat yang diharapkannya,” bunyi keterangan resmi Kedutaan Iran untuk Indonesia, kemarin.

Pemerintah Iran menilai Soleimani merupakan simbol perlawanan terhadap terorisme dan radikalisme di kawasan Timur Tengah. Karena, Soleimani gencar memerangi ISIS di Suriah dan Irak. Pembunuhannya dianggap sebagai serangan terhadap pejabat resmi Iran.

Baca juga : Selama Tahun 2020, Pemerintah Terus Genjot Kuantitas Dan Kualitas Pelayanan Kesehatan

“Aksi itu merupakan bentuk nyata dari aksi terorisme yang berbasis pemerintahan atau terorisme negara. Tindakan biadab ini juga adalah pelanggaran yang luas terhadap berbagai peraturan internasional dan piagam PBB,” cetus Kedutaan Iran.

Kedutaan menjelaskan, berdasarkan pernyataan pejabat tinggi Irak, pasukan asing (pasukan AS) melakukan aksi teror kepada Soleimani saat berkunjung ke Baghdad sebagai tamu resmi negara. Tindakan ini mereka anggap pelanggaran kedaulatan Irak sebagai negara yang berdaulat.

Menurut Iran, tindakan jahat yang dilakukan atas konsultasi dan provokasi Rezim Zionis Israel itu adalah sebuah kesalahan strategis yang akan berujung pada peningkatan rasa ketidakamanan di kawasan.

Baca juga : Refleksi Kinerja 2020, Nurbaya Luncurkan Buku Hutan Indonesia

“AS menempatkan terorisme dalam kategori baik dan buruk, berdasarkan kepentingan mereka,” imbuhnya.

Pemerintah Iran menyinggung soal pembunuhan ilmuwan nuklir terkemuka mereka, Mohsen Fakhrizadeh, pada 27 November kemarin. Pembunuhan Soleimani, Fakhrizadeh, dan pejabat lain mereka anggap bertujuan untuk membuat Iran menyerah agar terjadi pergantian kekuasaan.

Selain itu, rentetan teror itu, dianggap Iran, memiliki motif untuk menghambat pendekatan diplomatik dan dialog untuk menyelesaikan perbedaan di tingkat regional dan internasional. Merampas hak Iran atas penggunaan teknologi nuklir, hingga menciptakan krisis skala besar untuk semakin membuat kawasan Timur Tengah tidak stabil. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.