Dark/Light Mode

Quick Count by Litbang Kompas
Anies & Muhaimin
25.23%
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58.47%
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16.30%
Ganjar & Mahfud
Waktu Update 20/02/2024, 00:17 WIB | Data Masuk 100%

Selama Tahun 2020, Pemerintah Terus Genjot Kuantitas Dan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Jumat, 1 Januari 2021 08:12 WIB
Selama Tahun 2020, Pemerintah Terus Genjot Kuantitas Dan Kualitas Pelayanan Kesehatan

RM.id  Rakyat Merdeka - Selama penanganan pandemi Covid-19 tahun 2020, pemerintah fokus meningkatkan kuantitas dan kualitas pelayanan kesehatan. Demi memastikan pasien Covid-19 dapat ditangani dengan baik dan sesuai standar.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan, saat ini sudah ada 940 rumah sakit rujukan Covid-19. Dengan jumlah total tempat tidur di ruang isolasi dan ICU sebanyak 45.023 tempat tidur.

Baca juga : Sah, Pertamina, Pupuk Kujang, Dan ITB Bentuk PT Katalis Sinergi Indonesia

"Secara persentase, tingkat pemanfaatan tempat tidur di ruang isolasi dan ICU Covid-19 tingkat nasional sudah mencapai 62,63 persen," kata Wiku dalam agenda keterangan pers "Covid-19 : Refleksi Akhir Tahun 2020 dan Menuju 2021" di Gedung BNPB, Kamis (31/12), yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Lima provinsi tercatat memiliki persentase pemanfaatan tempat tidur di ruang isolasi dan ICU Covid-19 tertinggi. Yakni Jawa Barat, DI Yogyakarta, Banten masing-masing 77 persen. Diikuti Jawa Timur dan Jawa Tengah, masing-masing 72 persen.

Baca juga : Selamat, UIN Bandung Raih 2 Penghargaan Terbaik Dari Kemenag

Wiku juga menegaskan, pemerintah tak hanya fokus pada penanganan pasien Covid-19, tetapi juga berkomitmen agar tidak ada lagi tenaga kesehatan yang gugur dalam menangani pandemi Covid-19.

Caranya, dengan optimalisasi perlindungan dan keselamatan tenaga kesehatan. Hal ini diwujudkan dengan sebuah tim khusus yang memantau dan bertindak cepat memberikan perlindungan, bagi tenaga kesehatan yang sedang bertugas.

Baca juga : Minimalkan Risiko Pandemi Covid, Pemerintah Harus Terus Genjot Komunikasi

Wiku pun menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para semua tenaga kesehatan di Indonesia, yang setiap bekerja keras menangani pandemi ini.

"Terima kasih atas kerja keras dan semangat dari dokter, perawat, petugas laboratorium serta semua rekan petugas kesehatan di Indonesia," pungkasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.