Dark/Light Mode

KBRI Kenalkan Nusantara

Pelajar Lebanon Naik Kapal Perang Indonesia SHN-366

Senin, 25 Maret 2019 20:18 WIB
KBRI Kenalkan Nusantara Pelajar Lebanon Naik Kapal Perang Indonesia SHN-366

RM.id  Rakyat Merdeka - Promosi tentang ke-Indonesia-an di Lebanon tak henti-hentinya dilakukan elemen bangsa Indonesia di Lebanon, khususnya Kedutaan Besar Republik Indonesia dan juga Kontingen Indonesia yang tergabung dalam misi perdamaian dunia di UNIFIL.

Kali ini KBRI Beirut bekerja sama dengan KRI Sultan Hasanuddin-366 mengundang siswa-siswi dari sekolah di Beirut untuk melakukan kegiatan open ship pada Kamis (21/3). Sebanyak 50 peserta mengikuti kegiatan tersebut dengan antusias.

Kegiatan open ship berisi presentasi tentang ke-Indonesia-an dan juga tentang peran Indonesia dalam misi perdamain di UNIFIL. Pada kesempatan tersebut, Duta Besar RI untuk Lebanon, Hajriyanto Y Thohari yang turut hadir menyampaikan pesan.

Baca juga : Gandeng PGN, Nusantara Regas Kembangin Bisnis Ragasifikasi LNG

"Kegiatan ini akan memberikan informasi yang sangat bagus tentang Indonesia kepada bangsa lain tentang wilayah Indonesia, tentang pulau-pulau dan lautan Indonesia, tentang kebudayaannya, bahasanya, tentang agamanya, peran serta kiprah Indonesia di Internasional," katanya.

Dubes Hajriyanto juga menyampaikan, kegiatan semacam ini dilakukan untuk menarik perhatian genarasi muda belia di Lebanon terhadap Indonesia. Selain itu juga untuk menunjukkan kepada publik di Lebanon mengenai capaian yang telah dilakukan oleh angkatan bersenjata Indonesia.

Sementara itu, Komandan KRI SHN-366, Letkol Cecep Hidayat, menyampaikan bahwa pasukan yang berada di bawah komandonya memiliki peran yang disebut sebagai trinitas angkatan laut, yaitu peran militer (military role), peran pemolisian (policing role), dan peran diplomatik (the diplomatic role). Peran tersebut dapat menunjang Kebijakan Luar Negeri Indonesia untuk mengangkat citra Indonesia melalui budaya dan perdamaian.

Baca juga : Kelezatan Masakan Nusantara Ramaikan Festival Kuliner Di Tiongkok

Letkol Cecep juga berharap bahwa kegiatan seperti ini selain mengangkat citra Indonesia di Lebanon juga dapat mendukung promosi pariwisata Indonesia dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Indonesia. Dalam kegiatan tersebut, selain mendapat presentasi tentang ke-indonesia-an, para siswa juga dipandu diajak berkeliling kapal sembari menerima penjelasan dari perwira kapal dan juga dapat melihat beberapa peralatan KRI.

Rombongan siswa lalu diajak untuk menyaksikan pentas kesenian yang ddimainkapara prajurit, di antaranya tari Jaranan dan Brambangan Cakil yang diiringi oleh oleh Melody Garuda Band. Salah seorang peserta yang bernama Sarah, mengungkapkan kegembiraannya karena telah berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

“Saya belum begitu tahu dengan Indonesia. Tapi hari ini, kami diundang melihat Kapal Indonesia (KRI Sultan Hasanuddin 366). Dan mendapat informasi penting yang begitu banyak disampaikan mengenai Indonesia. Saya sangat berterima kasih bisa di sini, dan sangat gembira di atas kapal ini. I really love Indonesia,” tutur Sarah dalam keterangan pers KBRI.

Baca juga : Bulog Siap Serap Kedelai Lokal

Kegiatan open ship merupakan kerja sama antara KBRI dengan KRI SHN 366 dalam memberikan infomasi bagi warga negara Lebanon kegiatan promosi seni dan budaya Indonesia, serta sosialisasi peran aktif TNI dalam menjaga keamanan dunia dalam UNIFIL. Ini merupakan salah satu upaya bersama dalam meningkatkan peran diplomasi total Indonesia di Lebanon.

Sebagai informasi, Satgas Maritim TNI Kontingen Garuda (Konga) XXVIII-K/Unifil (United Nations Interim Force in Lebanon) adalah satgas yang bertugas sebagai pasukan pemeliharaan perdamaian dunia di bawah naungan PBB selama satu tahun di wilayah perairan Lebanon dengan menggunakan KRI Sultan Hasanuddin-366 dan Heli Dauphin AS-365 N3+. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.