Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Israel Sepakat Beri Vaksin Ke Warga Tepi Barat Palestina

Senin, 1 Maret 2021 13:56 WIB
Seorang petugas kesehatan berbicara kepada seorang wanita Arab Israel, sebelum memberinya vaksin Covid-19, pada 4 Januari 2021 lalu. [Foto: Agence France-Presse]
Seorang petugas kesehatan berbicara kepada seorang wanita Arab Israel, sebelum memberinya vaksin Covid-19, pada 4 Januari 2021 lalu. [Foto: Agence France-Presse]

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Israel akhirnya sepakat untuk memberikan vaksin kepada warga Palestina di Tepi Barat. Sekitar 130 ribu dosis vaksin rencananya diberikan kepada warga Palestina yang memiliki izin kerja di wilayah yang diduduki Israel.

Diberitakan Reuters, Senin (1/3), Koordinator Kegiatan Pemerintahan di Wilayah (Coordinator of Government Activities in the Territories/COGAT), bagian Kementerian Pertahanan Israel, menawarkan vaksin Moderna kepada warga Palestina yang bekerja di Israel atau permukiman Tepi Barat.

Ini merupakan kabar baik bagi Palestina, yang sejauh ini masih belum banyak mendapatkan jatah vaksin Covid-19.

Baca juga : Ribka Tetap Keras Kepala

Israel sempat dikritik karena tidak memperluas jangkauan program vaksinasinya ke wilayah Palestina yang didudukinya, termasuk Tepi Barat dan Gaza. Kini, Israel telah setuju memberi pejabat kesehatan Palestina 5.000 dosis vaksin dari Moderna.

Saat ini, sebanyak 2.000 dosis telah diserahkan ke Palestina. COGAT mengatakan, program vaksinasi untuk warga Palestina akan berjalan dalam beberapa hari ke depan.

Sekjen Serikat Pekerja Palestina Shaher Saad mengatakan, ribuan warga Palestina yang bekerja di sektor jasa dan industri Israel telah divaksinasi secara pribadi oleh atasan mereka di Israel. Setelah ini, Saad meyakinkan, di bawah program baru Israel, tim medis Palestina akan mengurus vaksinasi ke pos pemeriksaan militer Tepi Barat.

Baca juga : Hasil Liga Spanyol : Dua Poin Lagi, Barca Pepet Atletico Madrid

Direktur Human Rights Watch untuk Israel dan Palestina Omar Shakir mengatakan, Israel terikat oleh hukum internasional untuk memvaksinasi warga Palestina yang hidup di bawah kendali efektifnya.

"Hanya memvaksinasi orang-orang Palestina yang melakukan kontak dengan Israel membuktikan, bahwa Israel hanya peduli pada warga Palestina yang berpengaruh pada kehidupan Yahudi," ungkap Shakir.

Dengan sekitar 5,2 juta warga Palestina di dalamnya, Tepi Barat dan Gaza telah menerima sekitar 32.000 dosis vaksin hingga saat ini. Semuanya berasal dari Israel, Rusia, dan Uni Emirat Arab. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.