Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Temen-temennya Sudah Divaksin

Ribka Tetap Keras Kepala

Senin, 1 Maret 2021 06:25 WIB
Anggota DPR dari PDIP, Ribka Tjiptaning. (Foto:
Anggota DPR dari PDIP, Ribka Tjiptaning. (Foto:

RM.id  Rakyat Merdeka - Meskipun menuai banyak kritik, para wakil rakyat di Senayan tetap melanjutkan vaksinasi Covid-19. Mayoritas anggota DPR beserta keluarganya, mendapatkan kesempatan untuk divaksin. Namun, anggota DPR dari PDIP, Ribka Tjiptaning mengambil sikap berbeda. Ribka tetap keras kepala untuk menolak, meskipun teman-temannya sudah divaksin.

Penulis buku “Aku Bangga Jadi Anak PKI” ini sempat bikin heboh karena sikapnya menolak vaksin Covid-19 buatan Sinovac, China. Karena sikapnya itu, Ribka yang sebelumnya duduk di Komisi IX DPR, akhirnya digeser PDIP ke Komisi VII DPR.

Baca juga : Khofifah Imbau Masyarakat Yang Sudah Divaksin Tetap Patuh Prokes

Ternyata, perpindahan komisi tak membuat sikap Ribka mengendur soal vaksin. Eks Ketua Komisi IX DPR ini masih konsisten dengan sikapnya. Ribka tetap menolak untuk divaksin.

Apa alasannya? Kepada Rakyat Merdeka, Ribka menjelaskan sejumlah alasan di balik penolakannya. Salah satunya, soal efek samping yang ditimbulkan dari vaksin buatan China itu. “Banyak yang tidak terekspos (efek samping vaksin),” katanya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin.

Baca juga : Sudah Divaksin, Menpora Ingatkan Atlet Tetap Terapkan Prokes

Dia bersikukuh dengan pendiriannya sejak Pemerintah berencana memanfaatkan vaksin sebagai kekebalan tubuh masyarakat. “Statemenku sudah dari awal itu dan sudah diprediksi,” ungkapnya.

Karenanya, dia ogah disuntik vaksin. Bahkan, penolakan vaksin dia tularkan kepada keluarganya. Menurut Ribka, cukup mengkonsumsi hasil sumber daya alam untuk mencegah dirinya dan keluarga tertular virus asal Wuhan itu.

Baca juga : Di Tengah Musibah Banjir, Penyaluran Distribusi Bantuan Sosial Tunai Tetap Berjalan

“Makanya aku dan keluarga tetap nggak mau vaksin. Hanya jaga daya tahan tubuh aja dengan matahari dan rempah-rempah yang sudah dianugrahkan Tuhan untuk bumi Indonesia. Termasuk sayur mayur, buah-buahan untuk menambah vitamin dan juga suka cita,” paparnya.

Secara tegas, sedikitpun dia tidak berniat divaksin. “Belum lah (niat vaksin),” tekannya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.