Dark/Light Mode

70 Tahun Persahabatan Jakarta-Moskow, Rusia Hadiahkan “Yuri Gargarin”

Kamis, 11 Maret 2021 11:17 WIB
Patung Yuri Gargarin, kosmonaut pertama yang berhasil keluar angkasa pada 1961, menghiasi Taman Mataram, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.
Patung Yuri Gargarin, kosmonaut pertama yang berhasil keluar angkasa pada 1961, menghiasi Taman Mataram, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

RM.id  Rakyat Merdeka - Menandai 70 tahun hubungan persahabatan Jakarta-Moskow, Pemerintah Rusia menghadiahkan patung Yuri Gargarin kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada Rabu (10/3).

Gargarin adalah kosmonaut pertama yang berhasil keluar angkasa pada 1961, menggunakan wahana penjelajah Vostok I. Patung setinggi 2,8 meter itu kini berdiri tegak menghiasi Taman Mataram, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beserta jajarannya menyambut baik momen perayaan ini, juga melalui kerja sama Sister City Jakarta-Moskow. "Patung Yuri Gagarin ini menandai persahabatan ke-70 tahun Indonesia-Rusia. Persahabatan kita ditandai dengan pertukaran pelajar sejak 1950-an," kata Anies, di Gedung Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, dalam even yang diadakan secara virtual, Rabu (10/3).

Baca juga : Mau Perpanjang SIM Di Jakarta? Kamis Ini Hadir Di 5 Lokasi Ya....

Perayaan tersebut turut dilaksanakan di Ruang Pola, Balai Kota Jakarta, setelah perwakilan dari Rusia, Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Georgievna Vorobieva, bersama Wakil Menlu Mahendra Siregar, dan Duta Besar RI untuk Rusia merangkap Belarus Jose Antonio Morato Tavares mengunjungi Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Anies Baswedan, beserta jajaran, Rabu (10/3).

Patung Yuri Gargarin ini menambah koleksi hadiah yang menandai kedekatan hubungan kedua negara. Pertama, ada RS Persahabatan Rusia-Indonesia. Kedua, Stadion Gelora Bung Karno, dan sekarang ada Patung Yuri Gagarin.

Dubes Lyudmila Vorobieva mengapresiasi hubungan baik yang terjalin antara Indonesia dan Rusia selama 70 tahun ini. Dia berharap, hubungan kedua negara, khususnya Jakarta maupun Moskow bisa lebih memperkuat hubungan strategis di berbagai bidang di masa depan.

Baca juga : Jakarta Bakal Hidupkan Kembali Sanksi Progresif

"Persembahan dari kami ini kepada Jakarta adalah sebagai simbol hubungan bilateral, agar persahabatan kita bisa lebih erat lagi di masa depan," ujarnya.

Pada saat yang sama, Wakil Menlu Indonesia Mahendra Siregar menambahkan, Pemerintah Indonesia ke depan berencana meluncurkan hubungan tingkat lanjut antarkedua negara, serta memasuki tahap baru yang lebih tinggi lagi dalam sebuah proses bilateral.

"Hal ini masih kami rencanakan dan perlu pembahasan lebih lanjut lagi dengan Pemerintahan Rusia. Ini menyangkut rencana kedatangan Presiden Vladimir Putin dari Rusia untuk mewujudkan hal tersebut," tuturnya. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.