Dark/Light Mode

Urus Pemulung Jakarta

Risma Dicurigai

Kamis, 31 Desember 2020 07:50 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat blusukan menemui pemulung. (Foto: Humas Kemensos)
Menteri Sosial Tri Rismaharini saat blusukan menemui pemulung. (Foto: Humas Kemensos)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sejak menjabat sebagai Menteri Sosial, Tri Rismaharini getol melakukan blusukan. Dalam 3 hari ini, Risma mendatangi kawasan kumuh di Jakarta dan berdialog dengan pemulung. Ada yang memuji dan mendukung, tapi ada juga yang mencurigai. Apakah Risma lagi ngeledek Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan?

Risma resmi berkantor di Kementerian Sosial, Jl. Salemba Raya, Jakarta, Senin (28/12) pagi. Sejak hari itu, sejumlah tempat di Ibu Kota, didatangi Risma. Mulai dari warga di bantaran Kali Ciliwung, kolong Flyover Pramuka, hingga terbaru di kolong Tol Gedong Panjang, Jakarta Utara.

Baca juga : Risma Menteri Rasa Wali Kota

Eks Wali Kota Surabaya ini selalu menyempatkan diri berdialog dengan masyarakat yang ditemuinya. Mayoritas yang ditemui Risma adalah warga yang berprofesi sebagai pemulung. Selain berdialog, Risma juga menjanjikan macam-macam pada para pemulung. Mulai dari rumah tinggal, modal usaha hingga pemberdayaan.

“Nanti kita buat pecel lele. Anda semua percaya saja, kalau saya yang meresmikan, akan banyak yang membeli,” salah satu janji Risma kepada warga yang ditemuinya, kemarin.

Baca juga : Kejar Narsum Antara Jakarta Dan Karawang

Aksi Risma ini dipuji Ketua DPRD DKI, Prasetio Edi. Pras yang juga kolega Risma di PDIP ini menganggap, apa yang dilakukan Risma itu merupakan dambaan warga Ibu Kota.

“Bayangkan bagaimana di pusat jantung Jakarta tidak lebih dari 1 km masih ada permukiman kumuh kok, dan apa yang dilakukan Bu Risma sudah sangat baik,” terangnya.

Baca juga : Turki Masih Galau

Kata dia, penghuni kolong jembatan selalu luput dan terpinggirkan dari perhatian pemerintah. Apalagi, uluran bantuan dari pemerintah pusat sangat diperlukan di saat-saat pandemi Virus Corona.

“Mereka butuh pertolongan dan pengerahan mengenai pentingnya protokol kesehatan,” jelasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.