Dark/Light Mode

Perayaan Nowruz: Tradisi Persia Sejak Lebih Dari 3 Ribu Tahun Silam

Sabtu, 20 Maret 2021 15:33 WIB
Perayaan Nowruz: Tradisi Persia Sejak Lebih Dari 3 Ribu Tahun Silam

RM.id  Rakyat Merdeka - Nowruz adalah sebuah perayaan tradisional musim semi orang-orang Persia, yang dimulai dengan awal musim semi, bertepatan dengan 21 Maret.

Menurut keyakinan bangsa Persia kuno, Nowruz adalah permulaan hari dan kehidupan. Nowruz merupakan salah satu perayaan yang tersisa dari zaman kuno, seremoni nasional terkenal di bidang budaya bersama yang dapat menjadi sebuah faktor konvergensi budaya antara Iran dan negara-negara berperadaban Persia.

Baca juga : Erick Thohir: Alhamdulillah, Lebih Dari 50 Ribu Warga Divaksin Dalam 9 Hari

Perayaan ini berlalu dari satu masa ke masa lain dan hingga hari ini bangsa Iran masih memelihara hubungan yang dalam dengannya. Nowruz berusia lebih dari 3 ribu tahun. Selain Iran, Nowruz dirayakan di negara-negara berperadaban Persia, seperti Asia Tengah, Kaukasus, negara-negara perbatasan Iran di barat dan timur semisal Irak, Turki, Afghanistan, negara-negara di bagian selatan Teluk Persia, Pakistan, dan bahkan wilayah lain termasuk Balkan dan anak benua India.

Di antara hari-hari besar dan perayaan penuh suka cita yang tersisa di kalangan bangsa-bangsa di dunia dan masih terjaga prestisius dan kedudukan sosialnya dari masa lampau hingga hari ini, barangkali Nowruz dapat diletakkan di deretan hari besar dan perayaan terpenting di dalamnya. Perayaan ini diperingati dengan persiapan khusus secara besar-besaran dan luas dalam beberapa hari.

Baca juga : Di Tengah Pembatasan, Trafik Kargo AP I Lebih Tinggi Dari Penumpang

Nowruz melintasi perbatasan geografis dan kultural dari satu negara dan bangsa (Iran) ke negara-negara lain dan mencakup wilayah manusia dan geografis yang luas hingga separuh belahan bumi bagian utara. Dengan demikian, Nowruz memiliki dimensi yang luas dan bersifat internasional.

Salah satu ciri khas budaya Iran pada khususnya, dan budaya berperadaban Persia pada umumnya adalah penyelenggaraan rangkaian perayaan, peringatan dan seremoni yang diadakan pada awal tahun baru dengan sebutan perayaan Nowruz.

Baca juga : Pemberdayaan Kelompok Tani Milenial Di Cilacap Mampu Tekan Margin Harga Cabe

Meski dalam semua budaya permulaan tahun baru diperingati dengan beberapa tradisi dan kebiasaan tertentu, namun dalam budaya Iran dan Persia, permulaan tahun baru tidak hanya terbatas pada detik-detik pergantian tahun. Bahkan jauh hari sebelumnya, permulaan tahun baru menjadi kabar gembira dan beberapa tradisi dan ritual khusus akan diadakan untuk itu. Selain menambah keindahan, hal itu juga memiliki ciri khas yang dapat memberikan pengaruh.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.