Dark/Light Mode

Perayaan Nowruz: Tradisi Persia Sejak Lebih Dari 3 Ribu Tahun Silam

Sabtu, 20 Maret 2021 15:33 WIB
Perayaan Nowruz: Tradisi Persia Sejak Lebih Dari 3 Ribu Tahun Silam

 Sebelumnya 
Tradisi dan Ritual Nowruz di Iran

Tradisi chaharsyanbeh souri sebelum Nouruz merupakan salah satu tradisi yang dilakukan hingga hari ini. Pada malam Rabu terakhir dari kalender Hijriah Syamsiah yang akan masuk tahun 1400 HS (yaitu hari Selasa menjelang terbenamnya matahari), orang-orang Iran akan menyalakan api di luar rumah atau di tempat yang cocok.

Baca juga : Erick Thohir: Alhamdulillah, Lebih Dari 50 Ribu Warga Divaksin Dalam 9 Hari

Kemudian, anggota keluarga perempuan, lelaki dan anak-anak melompati api tersebut sambil berdendang: “Berlalulah kesedihan, datanglah kebahagiaan.” Segala bentuk kesedihan, penyakit, kekhawatiran dilemparkan ke api dan berharap tahun baru yang akan datang dipenuhi dengan kegembiraan, kebahagiaan dan kemudahan.

Menyiapkan Pakaian Baru untuk Nouruz

Baca juga : Di Tengah Pembatasan, Trafik Kargo AP I Lebih Tinggi Dari Penumpang

Sejak satu hingga dua bulan sebelum Nouruz, orang-orang mulai membeli pakaian Nowruz mereka. Dahulu, orang-orang biasanya membeli kain yang berwarna cerah dan mereka berkeyakinan untuk menjahitnya, menggunting kain dilakukan pada hari Senin atau Jumat.

Bersih-bersih Rumah atau Guncang/Goyang Rumah sebelum Nouruz

Baca juga : Pemberdayaan Kelompok Tani Milenial Di Cilacap Mampu Tekan Margin Harga Cabe

Pada satu hingga dua pekan sebelum Nouruz, dilakukan bersih-bersih rumah, atau istilah asli orang Iran adalah guncang/goyang rumah, dan menata kembali perabot rumah serta membersihkan debu dan kotoran.

Seremoni selanjutnya adalah, mewarnai telor setelah sebelumnya dimasak dengan warna-warni yang cerah dan menyenangkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.