Dark/Light Mode

Perayaan Nowruz: Tradisi Persia Sejak Lebih Dari 3 Ribu Tahun Silam

Sabtu, 20 Maret 2021 15:33 WIB
Perayaan Nowruz: Tradisi Persia Sejak Lebih Dari 3 Ribu Tahun Silam

 Sebelumnya 
Sisdah Be-Dar (Hari Ke-13 Nouruz)

Di hari ke-13 bulan Farvardin (bulan pertama kalender Iran) dikenal dengan nature’s day atau Hari Alam. Di hari ke-13 ini, seluruh peralatan, makanan, kue, kacang-kacangan yang tersisa dikemas.

Baca juga : Erick Thohir: Alhamdulillah, Lebih Dari 50 Ribu Warga Divaksin Dalam 9 Hari

Pagi harinya, orang-orang akan berangkat menuju pegunungan, taman, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan untuk didatangi. Mereka meyakini pada tanggal 13 Farvardin tidak boleh tinggal di rumah, karena merupakan hari nahas atau hari sial.

Hari ke-13 berlangsung sebelum terbitnya matahari dan berlanjut hingga petang dan sebagian waktu malam. Pada sore harinya giliran remaja puteri mengikat rumput yang dilakukan dengan harapan membuka keberuntungan mereka.

Baca juga : Di Tengah Pembatasan, Trafik Kargo AP I Lebih Tinggi Dari Penumpang

Menarik bahwa Dewan Umum PBB mencatat, Nouruz yang berakar dari Persia dalam kalendernya. UNESCO pun menetapkan Nowruz sebagai Warisan Dunia pada 30 September 2009. Karena itu, Dewan Umum PBB secara resmi mengakui tanggal 21 Maret sebagai Hari Nouruz se-Dunia.

Dalam teks pengesahannya, oleh Dewan Umum PBB disebutkan, bahwa Nouruz adalah perayaan yang memiliki akar Persia (Iran) dan berusia lebih dari 3 ribu tahun yang saat ini dirayakan oleh lebih dari 300 juta warga berbagai negara seperti Irak, Turki, Pakistan, Afghanistan, Tajikistan, Azerbaijan, Kazakhstan, Turkmenistan dan Kyrgyzstan.

Baca juga : Pemberdayaan Kelompok Tani Milenial Di Cilacap Mampu Tekan Margin Harga Cabe

Adapun pergantian tahun ini yaitu tahun 1399 ke 1400 HS (Hijriah Syamsiah) akan jatuh pada hari Sabtu, 30 Esfand 1399 HS, bertepatan dengan 6 Sya’ban 1442 HQ (Hijriah Qamariah) atau 20 Maret 2021 pukul 13:07:28 waktu Iran. [RSM]

[Mehrdad Rakhshandeh Yazdi, Konselor Kebudayaan Kedubes Iran di Jakarta]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.