Dark/Light Mode

Perayaan Nowruz: Tradisi Persia Sejak Lebih Dari 3 Ribu Tahun Silam

Sabtu, 20 Maret 2021 15:33 WIB
Perayaan Nowruz: Tradisi Persia Sejak Lebih Dari 3 Ribu Tahun Silam

 Sebelumnya 
Gelaran Haft Sin dan Jam Pergantian Tahun

Orang-orang Iran akan menghamparkan gelaran di salah satu ruangan untuk menyambut pergantian tahun. Sebelum meletakkan segala sesuatu, mereka akan menaruh Al-Quran dan kaca cermin terlebih dahulu, kemudian menata Haft Sin (7 jenis makanan yang dimulai dengan huruf sin).

Baca juga : Erick Thohir: Alhamdulillah, Lebih Dari 50 Ribu Warga Divaksin Dalam 9 Hari

Haft Sin terdiri dari Sabze (tunas gandum) yang melambangkan kelahiran kembali dan kesuburan; Samanou (semacam dodol dari gandum) sebagai simbol kemakmuran; Sib (apel), menandakan kesegaran dan kecantikan; Sir (bawang putih) melambangkan kesehatan dan kedamaian; Serkeh (cuka) menandakan kelestarian, karena cuka mengawetkan makanan; Somagh (sejenis bumbu dapur dan obat) melambangkan kemenangan atas pengaruh jahat; Senjed (buah pohon lotus) sebagai simbol cinta dan perlindungan.

Selain Haft Sin biasanya juga tampak lilin, kaca cermin, telur dan lain-lain di atas hamparan atau taplak Nouruz.

Baca juga : Di Tengah Pembatasan, Trafik Kargo AP I Lebih Tinggi Dari Penumpang

Lilin menandakan cahaya yang menerangi rumah dan kehidupan. Al-Quran menunjukkan perhatian kepada Allah swt yang harus dimiliki pada permulaan tahun, sehingga pemilik dan penurun Al-Quran akan menjadi penolong seluruh isi keluarga sepanjang tahun.

Saat jam pergantian tahun, seluruh anggota keluarga harus hadir berkeliling di atas hamparan Nouruz dengan memakai baju baru.

Baca juga : Pemberdayaan Kelompok Tani Milenial Di Cilacap Mampu Tekan Margin Harga Cabe

Silaturahim Nowruz

Saling mengunjungi dan bersilaturahim dimulai sejak pagi hari Nowruz dan ini menjadi tradisi seluruh keluarga. Orang-orang yang dari sisi usia lebih tua dan para tokoh menjadi tempat pertama untuk dikunjungi. Mencium tangan dan mengucapkan selamat kepada mereka menjadi ciri khas dalam kunjungan itu. Orang yang dikunjungi juga biasanya menyiapkan semacam angpau dan memberikan kepada mereka yang datang.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.