Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Bantu Pendidikan, Kesehatan dan Pertanian, Jepang Nyawer Rp 5,1 Miliar

Jumat, 26 Maret 2021 10:30 WIB
Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi (kanan).
Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi (kanan).

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Kenji Kanasugi baru saja menandatangani serah terima hibah grassroot untuk lima proyek di Indonesia. Hibah dengan nilai total Rp 5,1 miliar ini diperuntukkan bagi tiga proyek, meliputi sektor pendidikan, satu proyek sektor kesehatan dan sektor pertanian di beberapa provinsi di tanah air.

Tiga proyek di sektor pendidikan adalah proyek konstruksi gedung sekolah dasar di Desa Gresik Kidul, Cirebon, Jawa Barat dengan nilai bantuan sekitar Rp 1,06 miliar.

Baca juga : Pemprov Tolak Buka 26 Tempat Karaoke

Kemudian ada juga proyek konstruksi gedung sekolah menengah di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat senilai sekitar Rp 1,15 miliar. Terakhir, proyek pembangunan gedung sekolah menengah di Bogor, Jawa Barat, senilai sekitar Rp 1,09 miliar.

Untuk proyek di sektor kesehatan diberikan untuk pengadaan kapal ambulans di Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, senilai Rp 1, 07 miliar.

Baca juga : Aprilio Lanang Perkasa Manganang: Saya Seperti Terlahir Kembali

Terakhir, hibah diberikan di sektor pertanian untuk proyek renovasi tempat pemeliharaan lebah di Bone, Sulawesi Selatan, sebesar Rp 798 juta.

Bantuan hibah grassroots merupakan skema yang dapat membantu masyarakat Indonesia secara langsung dengan memanfaatkan pengetahuan dari yayasan/ organisasi seperti lembaga swadaya masyarakat/LSM yang melakukan kegiatan bersifat “grassroots” atau akar rumput. "

Baca juga : Jumlah Penumpang MRT Merangkak Naik

Walaupun Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan ekonomi yang cukup stabil, untuk mempertahankan kestabilan tersebut, baik untuk jangka menengah maupun panjang, Indonesia harus mengatasi berbagai masalah seperti kesenjangan ekonomi, ketimpangan pendapatan di dalam negeri dan lain-lain.

"Proyek yang terpilih kali ini diharapkan akan berkontribusi dalam mengatasi berbagai isu pembangunan pada tingkat masyarakat akar rumput di Indonesia," ujar Dubes Kanasugi dalam upacara serah terima di Kedubes Jepang, Jakarta, Kamis (25/3). [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.