Dark/Light Mode

Bertemu PM Jepang Yoshihide Suga

Retno Dan Prabowo Pererat Kerja Sama Perdamaian

Selasa, 30 Maret 2021 19:36 WIB
Menlu Retno Marsudi, PM Jepang Yoshihide Suga, dan Menhan Prabowo Subianto (Foto: Kemenlu)
Menlu Retno Marsudi, PM Jepang Yoshihide Suga, dan Menhan Prabowo Subianto (Foto: Kemenlu)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto baru saja bertemu Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, dan membahas sejumlah kerja sama dan isu regional. Berdasarkan keterangan pers Kedutaan Besar Jepang di Jakarta, Selasa (29/3), PM Suga menyambut hangat Menlu Retno dan Menhan Prabowo ke Jepang.

Dalam kesempatan tersebut, Suga berharap perjanjian antara Pemerintah Jepang dan Pemerintah Indonesia tentang Pengalihan Alat dan Teknologi Pertahanan yang ditandatangani pada Selasa (29/3), akan menjadi landasan untuk kerja sama keamanan yang lebih dalam antara kedua negara. 

Baca juga : Terbang Ke AS, Mendag Perkuat Kerja Sama Perdagangan

Selain itu, Suga mengatakan, bahwa “Free and Open Indo-Pacific (FOIP)” dan “ASEAN Outlook on the Indo-Pacific (AOIP)” berbagi prinsip yang fundamental. Tak lupa Suga menyampaikan keinginannya untuk mendorong kerja sama yang nyata demi mewujudkan visi-visinya bersama.

"Kedua belah pihak sepakat atas pentingnya ketertiban maritim yang bebas dan terbuka berdasarkan supremasi hukum," bunyi pernyataan Kedubes Jepang, Selasa (29/3).

Baca juga : Jangan Takut Divaksin, Sinovac Dan AstraZeneca Sama Baiknya

Selanjutnya, kedua belah pihak sepakat untuk mempromosikan kerja sama keamanan dan pertahanan, termasuk pengalihan alat dan teknologi pertahanan. 
Mengenai isu Myanmar, PM Suga ikut mengecam keras situasi yang tetap menyebabkan banyaknya korban jiwa dan korban luka. 

Retno dan Prabowo kemudian menjelaskan hasil komunikasi antara negara-negara ASEAN, termasuk Myanmar, dan langkah-langkah yang akan diambil ke depannya. Indonesia dan Jepang sepakat untuk melanjutkan kerja sama secara erat dalam menciptakan perdamaian di wilayah. 

Baca juga : Jelang Piala Menpora 2021, Persib Rekrut 4 Pemain Anyar

"Kami juga sepakat untuk mempromosikan kerja sama infrastruktur, di antaranya penataan pelabuhan Patimban dan MRT Jakarta serta Proyek Peningkatan Kecepatan Kereta Api Lintas Utara Jawa," tutup Retno. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.