Dark/Light Mode

Dongkrak Produktivitas Ekonomi RI, AS Hibahkan Dana Rp 115,53 M

Selasa, 6 April 2021 15:28 WIB
Dongkrak Produktivitas Ekonomi RI, AS Hibahkan Dana Rp 115,53 M

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), pemerintah Indonesia, dan lembaga pemerintah AS Millennium Challenge Corporation (MCC) menandatangani perjanjian hibah pada 4 Februari 2021, senilai 8 juta dolar AS atau setara Rp 115,53 miliar.

Bantuan itu ditujukan untuk mendukung upaya pemerintah Indonesia, dalam mengembangkan program hibah MCC Compact kedua.

Setelah disetujui, program ini diharapkan dapat memberikan solusi atas masalah keterbatasan akses keuangan, yang terbukti menjadi kendala utama yang mengikat dalam perekonomian Indonesia.

Baca juga : Dongkrak Investasi Dan Pertumbuhan Ekonomi, Pemerintah Libatkan Dunia Usaha

Perjanjian Hibah Compact Development Funding (CDF) ditandatangani oleh Sekretaris Eksekutif Bappenas Himawan Hariyoga dan Deputi Wakil Presiden Direktur MCC untuk Compact Operations, Jonathan Brooks.

Brooks mengatakan, perjanjian hibah ini akan memungkinkan pemerintah Indonesia dan MCC melanjutkan analisis ekonomi Indonesia, dalam rangka merancang suatu kesepakatan yang akan menguntungkan masyarakat Indonesia.

"Kami berterima kasih kepada rekan-rekan kami di pemerintah Indonesia, atas kemitraan mereka. Serta berharap dapat melanjutkan kerja sama kami," ujarnya.

Baca juga : Airlangga Ramal Ekonomi Tahun Ini Tumbuh 5,5 Persen

Perjanjian Hibah CDF menyediakan dana bagi pemerintah Indonesia untuk mengadakan studi dasar dan studi kelayakan, penilaian lingkungan dan sosial, dan studi terkait infrastruktur dan UMKM. Khususnya, UMKM milik perempuan.

Selain itu, Program Compact-2 akan bekerja untuk mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan/Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

The Millennium Challenge Corporation adalah badan independen pemerintah AS yang bekerja untuk mengurangi kemiskinan global melalui pertumbuhan ekonomi.

Baca juga : Listrik PLN Genjot Produktivitas Petambak Bratasena Lampung

MCC yang dibentuk pada tahun 2004, memberikan hibah dan bantuan dengan jangka waktu terbatas  kepada negara-negara yang memenuhi standar ketat untuk tata kelola pemerintahan yang baik. Mulai dari memerangi korupsi hingga menghormati hak-hak demokrasi. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.