Dark/Light Mode

Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth Meninggal Dunia Dalam Usia 99 Tahun

Jumat, 9 April 2021 19:07 WIB
Pangeran Philip, Suami Ratu Elizabeth Meninggal Dunia Dalam Usia 99 Tahun

RM.id  Rakyat Merdeka - Kerajaan Inggris kini tengah dirundung duka. Pangeran Philip yang merupakan suami Ratu Elizabeth II tutup usia di Puri Windsor pada Jumat (9/4) pagi waktu setempat.

"Dengan kesedihan yang mendalam, Yang Mulia Ratu telah mengumumkan kematian suami tercintanya, Yang Mulia Pangeran Philip, Duke of Edinburgh," demikian bunyi pernyataan Istana Buckingham seperti dilansir BBC, Jumat (9/4).

Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson mengaku terguncang mendengar kabar duka ini.

Baca juga : Perketat Daerah Perbatasan, Siapa Yang Masuk, Periksa!

PM Johnson menilai, semasa hidupnya, Pangeran Philip banyak menginspirasi kaum muda.

"Pangeran Philip berperan besar mengarahkan keluarga dan Kerajaan Inggris, sehingga tetap menjadi institusi yang sangat penting untuk keseimbangan dan kebahagiaan kehidupan masyarakat Inggris," ujar Johnson.

"Seluruh generasi di Inggris Raya, di seluruh Persemakmuran, dan di seluruh dunia sangat menyayangi dan mengasihi Pangeran Philip," imbuhnya.

Baca juga : Dukungan Ke Anindya Jadi Ketum Kadin Terus Mengalir, Kali Ini Dari Asosiasi

PM Johnson juga mengenang jasa Pangeran Philip sebagai salah satu orang terakhir yang ikut dalam pertempuran Perang Dunia II, yang mampu bertahan hidup hingga era sekarang.

"Dari konflik itu, Pangeran Philip mengambil hikmah etika pelayanan, yang kemudian diterapkan setelah PD pernah terjadi sebelumnya di era pasca-Perang," kata Johnson.

"Bagai pengemudi kereta yang ahli, Pangeran Philip sukses mengantar keluarga dan Kerajaan Inggris menjadi institusi penting, hingga akhir hayatnya," tandasnya. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.