Dark/Light Mode

Bantu Cari KRI Nanggala-402, Singapura Kirim MV Swift Rescue

Kamis, 22 April 2021 11:15 WIB
KRI Nanggala-402 (Foto: Istimewa)
KRI Nanggala-402 (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Singapura mengirimkan kapal selam MV Swift Rescue untuk membantu pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak di perairan Bali. Menteri Pertahanan Singapura Ng Eng Hen mengatakan, kapal selam penyelamat telah dikirim pada Rabu (21/4) sore untuk menjalankan misi pencarian.

"MV Swift Rescue Angkatan Laut Republik Singapura, kapal selam penyelamat, diberangkatkan secepatnya kemarin sore, sesegera mungkin setelah Panglima Angkatan Laut mendapat permintaan bantuan dari mitranya Indonesia," kata Ng, dalam posting-an di Facebook, Kamis (22/4).

Baca juga : Masih Terus Dicari, Kapal Selam KRI Nanggala-402 Hilang Kontak Di Perairan Bali

Kapal selam MV Swift Rescue, lanjutnya, melakukan perjalanan sejauh 1.500 kilometer menuju lokasi hilangnya KRI Nanggala-402. "Lokasi operasi pencarian di dekat Bali, lebih dari 1.500 kilometer jauhnya dan perairannya dalam. Itulah sebabnya MV Swift Rescue berlayar secepat yang bisa dilakukan," tuturnya.

Pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu pagi memasuki hari kedua. Kementerian Pertahanan meminta bantuan tiga negara yakni Singapura, Australia, dan India untuk mencari kapal yang diproduksi di Jerman pada 1981 itu.

Baca juga : Luis Suarez, Restonya Tetanggaan Sama Bar Messi

Sebelumnya Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne juga menegaskan akan membantu apa pun yang bisa dilakukan untuk menemukan KRI Nanggala. "Australia akan membantu apa pun yang kami bisa," kata Payne dikutip AFP, Rabu (21/4).

Negaranya mengoperasikan kapal selam berbeda dengan KRI Nanggala, namun jajarannya akan berusaha semaksimal mungkin. "Pasukan Pertahanan Australia akan bekerja sama dengan pertahanan di Indonesia untuk menentukan apa yang bisa kami lakukan," kata Payne. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.