Dark/Light Mode

Corona Menggila Di India

Partai PM Modi Tumbang Di Pemilu 5 Negara Bagian

Selasa, 4 Mei 2021 05:17 WIB
Warga melakukan arak-arakan dalam kampanye pemilu di Kolkata, negara bagian Bengal Barat, India pada 7 April 2021. Mayoritas tak bermasker dan tak jaga jarak. (Foto : REUTERS/RUPAK De Chowdhuri).
Warga melakukan arak-arakan dalam kampanye pemilu di Kolkata, negara bagian Bengal Barat, India pada 7 April 2021. Mayoritas tak bermasker dan tak jaga jarak. (Foto : REUTERS/RUPAK De Chowdhuri).

RM.id  Rakyat Merdeka - Partai pengusung Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi, Partai Bharatiya Janata (BJP), mengalami kekalahan di pemilu lima negara bagian. Kekalahan ini disinyalir terkait dengan kekecewaan rakyat atas menggilanya penularan Corona di Negeri Bollywood.

India menggelar Pemilu di lima negara bagian pada Maret dan awal April lalu. Yakni di As­sam, West Bengal, Tamil Nadu, Kerala, dan Puducherry. Namun hasil penghitungan suara oleh Komisi Pemilu pada Minggu (2/5), menunjukkan, usaha Modi berkampanye untuk meraih simpati rakyat India ketimbang fokus menangani tsunami Covid- 19, ternyata gagal membawa kemenangan. BJP kalah.

Meroketnya kasus Covid-19 tampaknya menjadi penyebab kekalahan PM asal Gujarat itu. Dilansir Guardian, kubu Modi awalnya diprediksi mendapat­kan banyak suara dari Bengal Barat, wilayah dengan populasi 90 juta jiwa, salah satu negara bagian yang tidak dikuasai par­tainya. Dewi Fortuna ternyata tak berpihak padanya.

Berita Terkait : Di Australia Sih Dipenjara Di Sini, Bebas Berkeliaran

Mamata Banerjee, politisi kuat di Bengal Barat dan kri­tikus Modi, memenangkan kursi Kepala Menteri (kepala pemerintahan negara bagian) untuk ketiga kalinya. Ia perem­puan satu-satunya yang menjadi kepala menteri.

Mamata Banerjee berasal dari partai All India Trinamool Congress Trinamool Congress (AITC atau TMC) yang mengua­sai parlemen Bengal Barat.

Dilansir ndtv.com, AITC meraup 213 kursi dari 294 kursi yang tersedia. Padahal, Narendra Modi sudah berkeliling Bengal Barat demi memenangkan pilkada India kali ini.

Berita Terkait : Ratusan Ilmuwan India Desak PM Modi Bersikap Terbuka Soal Data Covid

Performa yang bagus dari Mamata Banerjee karena Modi sangat yakin bisa menang di Bengal. Sungguh jelas terlihat bahwa mesin politik dan strate­ginya kalah dari dia (Banerjee),” ulas analis politik India, Dip­tendu Bhaskar.

Namun demikian, Partai Modi tak sepenuhnya gagal. BJP sukses menguasai 77 kursi dan menjadi partai oposisi utama. Ini dinilai Modi sebagai sebuah pencapaian. Sebab pada pemilu 2016, BJP hanya meraup 3 kursi.

Tidak hanya kalah di Bengal Barat. BJP juga gagal di negara bagian Tamil Nadu. Di sana, mereka kalah dari Partai DMK yang merupakan oposisi utama.
 Selanjutnya