Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kutuk Kekerasan Israel, RI Gunakan Semua Amunisi Dukung Palestina

Rabu, 12 Mei 2021 15:52 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto BPMI Setpres)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. (Foto BPMI Setpres)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno Marsudi menegaskan, Indonesia mengutuk tindakan kekerasan serta pengusiran Israel terhadap warga sipil Palestina. Ia juga menekankan posisi Indonesia mengenai isu Palestina.

"Pada, Selasa 11 Mei 2021, Presiden Republik Indonesia telah menyampaikan posisi tegas Indonesia bahwa tindakan Israel mengusir warga sipil Palestina dari Sheikh Jarrah, Yerusalem Timur, dan menyerang warga sipil Palestina di Masjid al Aqsha merupakan tindakan yang tidak dapat dibiarkan,” ucap Retno dalam Pelepasan Bantuan Hibah Pemerintah RI kepada India Untuk Penanganan Pandemi Covid-19, secara virtual, Rabu (12/5/2021).

 “Bapak Presiden juga menyampaikan bahwa Indonesia mengutuk tindakan tersebut dan mendesak Dewan Keamanan PBB untuk mengambil langkah nyata terhadap pelanggaran yang terus dilakukan Israel. Indonesia akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina.”

Baca juga : Buntut Serangan Israel, Rusakkan Rumah Sakit Indonesia Di Gaza

Selain itu, Retno mengatakan Indonesia juga mengecam keras ketegangan yang terjadi di jalur Gaza. “Apa yang telah disampaikan Bapak Presiden dan mencermati perkembangan baru yang terjadi, Indonesia juga mengecam meluasnya ketegangan dan kekerasan khususnya di jalur Gaza yang menyebabkan puluhan korban jiwa warga sipil yang tidak berdosa.”

Ditegas Retno, Indonesia terus berusaha semaksimal mungkin di semua lini, menggunakan semua "amunisi" untuk membantu rakyat Palestina, termasuk di Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People (CEIRPP).

CEIRPP adalah komite di Majelis Umum PBB yang dibentuk pada 1975 dengan mandat untuk memperjuangkan hak-hak rakyat Palestina, termasuk hak kemerdekaan Palestina. Saat ini Indonesia adalah salah satu negara anggota Biro dan memangku jabatan Wakil Ketua dalam Komite tersebut.

Baca juga : Kutuk Israel, Solidaritas Muslim Asia Tenggara Galang Dana Untuk Palestina

“Indonesia juga terus mendesak agar Dewan Keamanan PBB dapat mengambil langkah nyata menghentikan seluruh kekerasan dan menghadirkan keadilan dan perlindungan bagi Palestina,” ujarnya.

Tak hanya di PBB, Indonesia juga mengusulkan agar Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) dan Gerakan Non Blok (GNB) untuk dapat segera melakukan pertemuan khusus untuk membahas ini.

“Sudah terlalu lama hak-hak bangsa dan rakyat Palestina digerogoti oleh Israel. Indonesia akan terus bersama rakyat dan bangsa Palestina dalam memperjuangkan hak-haknya,” tegasnya. [MEL]

Baca juga : Ini Penjelasan Wilmar Soal Gugatan Farma International

 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.