Dark/Light Mode

Dorong Koneksi RI-Ethiopia, KBRI Addis Ababa Gelar Forum Wirausaha Muda

Selasa, 18 Mei 2021 21:36 WIB
Dubes Al Busyra Basnur (tengah) dalam Forum Wirausaha Muda di KBRI Addis Ababa, Ethiopia. (Foto KBRI Addis Ababa)
Dubes Al Busyra Basnur (tengah) dalam Forum Wirausaha Muda di KBRI Addis Ababa, Ethiopia. (Foto KBRI Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Addis Ababa menggelar Forum Wirausaha Muda Indonesia-Ethiopia yang ke-2 (Indonesia-Ethiopia 2nd Young Enterpreneurs Forum/IEYEF), Selasa (18/5/2021).

Forum itu merupakan bagian dari peringatan 60 tahun hubungan diplomatik kedua negara. Forum yang digelar virtual itu, dibuka Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Al Busyra Basnur.

Pada kesempatan itu, Dubes Al mengatakan, sejak Indonesia dan Ethiopia resmi menjalin hubungan diplomatik pada 1961, kerja sama kedua negara meningkat pesat. Baik di bidang politik, ekonomi hingga sosial budaya.

Berita Terkait : Bantu UMKM Naik Kelas, Jababeka Gelar Pelatihan Kewirausahaan

Al menambahkan, dua tahun yang lalu, KBRI Addis Ababa menyelenggarakan 1st Indonesia-Ethiopia Young Entrepreneur Forum (IEYEF). Saat itu, dihadiri sekitar 200 ratus wirausaha muda terkemuka dari kedua negara.

Al mengatakan, forum tersebut bertujuan untuk mendorong koneksi dan kerja sama antara Ethiopia dan Indonesia. "Khususnya para pengusaha muda dari kedua negara, Indonesia," ucap Al.

Pada pertemuan yang sama dua tahun yang lalu, sambung Al, pihaknya juga mendirikan Indonesia-Ethiopia Youth Association (IEYA). Yang saat ini bekerja sama dengan KBRI Addis Ababa sebagai salah satu pilar strategis untuk terhubung secara menyeluruh.

Berita Terkait : Gandeng UGM, Blibli Gelar Kelas Kewirausahaan

"Dan untuk menciptakan kerja sama yang lebih baik dan lebih kuat antar generasi muda. Ethiopia dan Indonesia," ujar mantan Konsul Jenderal RI di Houston, Amerika Serikat itu.

Dia mengatakan, forum ini sejatinya digelar tahun lalu. Tapi karena pandemi Covid-19, gelaran itu dijadwal ulang.  Pria yang pernah menjadi wartawan surat kabar asal Sumatera Barat, Singgalang, itu menambahkan, peran generasi muda saat ini sangat penting, khususnya dalam meningkatkan hubungan antar bangsa.

Menurutnya, di Indonesia, wirausahawan muda berkembang pesat. Hal serupa juga berlaku di Ethiopia. Perkembangan ini, jelasnya, tentunya menjadi modal dasar yang sangat penting bagi kedua negara untuk meningkatkan hubungan dan kerja sama bilateral khususnya di bidang ekonomi.

Berita Terkait : Bersama BKPM Dan BI, KBRI Beijing Gelar Forum Bisnis Internasional

"Kemudian, Forum Wirausaha Muda menjadi pusat perhatian saya dan menjadi salah satu pilihan untuk dikembangkan," lanjutnya.

Acara ini, akan memberikan kesempatan kepada pengusaha muda Ethiopia dan Indonesia untuk berbagi pengalaman mereka. Terkait bisnis dan cara mereka mengatasi situasi pandemi Covid-19 saat ini. Al bilang, para pengusaha muda memanfaatkan ekonomi digital untuk bisnis mereka. 

Al juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para peserta dan pembicara atas kontribusinya yang berharga dalam forum tersebut."Partisipasi Anda akan bermanfaat bagi negara kita sekarang dan di masa depan, Ethiopia dan Indonesia," tandasnya.[PYB]