Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Dubes RI Di Addis Ababa Ngajar Virtual Di UIN Syarif Hidayatullah

Kamis, 8 Oktober 2020 17:42 WIB
Duta Besar Al Busyra Basnur
Duta Besar Al Busyra Basnur

RM.id  Rakyat Merdeka - Indonesia dan Ethiopia memiliki peluang sangat besar untuk menyelenggarakan kerja sama di bidang pendidikan antar perguruan tinggi, termasuk di bidang pengajaran, pengkajian, pertukaran mahasiswa dan penelitian tentang Islam.

KBRI Addis Ababa dan Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, juga akan melakukan kerja sama penelitian dan penerbitan buku di bidang pendidikan. Hal itu disampaikan Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika pada kuliah umum virtual yang disampaikan di hadapan sekitar 150 mahasiswa dan dosen UIN Syarif Hidayatullah, Kamis (8/10).

Baca juga : Dubes Al Busyra Basnur Gelar Tur Virtual Di KBRI Addis Ababa

Kuliah itu berjudul “Islam dan Masyarakat Muslim di Ethiopia: Sejarah dan Budaya serta Hubungan Bilateral Indonesia-Ethiopia”. Pada kuliah umum tersebut, Duta Besar Al Busyra juga menyampaikan sejarah masuknya Islam, perkembangan dan situasi terkini masyarakat Muslim di Ethiopia.

“Ethiopia adalah negeri tujuan hijrah pertama para sahabat Rasulullah atas perintah langsung Nabi Muhammad saw,” kata Al Busyra.

Baca juga : Puan Didaulat Jadi Pembaca UUD 45 dalam Upacara Virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila

“Masyarakat muslim di Ethiopia yang meliputi 33,9 persen dari total penduduk Ethiopia yang berjumlah 112 juta jiwa, memberikan kontribusi yang besar bagi pembangunan dan kemajuan Ethiopia,” kata Al Busyra.

Penduduk Ethiopia yang mayoritas beragama Kristen Ortodok (43,5 persen) dikenal sangat religius. Menurut Dubes Al, sebuah media Inggris menyebut masyarakat Ethiopia sebagai the most religious people in the world.

Baca juga : Dubes RI di Addis Ababa Berbagi Info Covid-19 dengan Mahasiswa di Cairo

Pada kesempatan yang sama, Al Busyra menjelaskan hubungan bilateral Indonesia dan Ethiopia terutama di bidang ekonomi dan sosial budaya.

Sementara itu, Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Prof. Dr. Amany Lubis, menyampaikan bahwa sejarah masuknya Islam ke Ethiopia sangat penting untuk diketahui. Amany juga memaparkan sejarah perkembangan Islam di kawasan timur Afrika. [MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.