Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Konsistensi Indonesia Dukung Palestina Dipuji Dewan Duta Besar Arab

Rabu, 19 Mei 2021 10:26 WIB
Presiden Joko
Presiden Joko "Jokowi" Widodo (kanan) berbicara dengan Presiden Palestina Mahmoud Abbas di awal pertemuan bilateral mereka di sela-sela KTT Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) luar biasa tentang masalah Palestina di Jakarta, pada 6 Maret 2016. [Foto ilustrasi: Dita Alangkara / Associated Press]

RM.id  Rakyat Merdeka - The Arab Ambassadors Council in Indonesia atau Dewan Duta Besar Arab di Indonesia menyampaikan apresiasi atas konsistensi dan peran penting Indonesia dalam mendukung hak-hak Palestina di semua forum regional dan internasional.

Apresiasi ini disampaikan usai rapat luar biasa di Jakarta, Selasa (18/5). Apresiasi juga ditujukan atas upaya diplomatik yang dilakukan Indonesia dalam mendukung hak-hak Palestina yang sah, dan mengutuk serangan sistematik serta pelanggaran yang dilakukan oleh Israel secara berulang-ulang.

Baca juga : Seperti Bung Karno, Puan Tegas Dukung Palestina

Pertemuan ini dipimpin Wakil Ketua Dewan Duta Besar Arab, Abdelkader Aziria. Diplomat yang ngepos di Indonesia sebagai Dubes Aljazair ini menyoroti keputusan pertemuan Dewan Liga Arab setingkat menteri No. (8660), dalam sesi luar biasa yang diadakan pada Selasa (11/5) pekan lalu.

"Dalam keputusannya, Liga Arab memberi penghormatan kepada rakyat Palestina yang heroik atas ketabahan mereka mempertahankan hak-hak mereka, dari kebrutalan dan kejahatan serta serangan sistematis yang dilakukan kekuatan pendudukan Israel," demikian isi keterangan tertulis yang dikeluarkan Dewan Duta Besar Arab di Indonesia, Selasa (18/5).

Baca juga : Gus Jazil: Saatnya Jokowi Undang Presiden Palestina-PM Israel Duduk Bersama

Keputusan tersebut juga mengutuk kejahatan pasukan pendudukan Israel di tempat-tempat suci di Kota Yerusalem, serta di wilayah Palestina yang mereka duduki, pemboman brutal yang dengan sengaja menargetkan warga sipil dan fasilitas umum, serta bangunan sipil di Jalur Gaza serta penggunaan kekuatan yang berlebihan terhadap penduduk Gaza.

"Keputusan tersebut juga menjadikan Israel sebagai kekuatan pendudukan yang harus bertanggung jawab atas akibat yang ditimbulkan dari kejahatan dan tindakan yang merupakan pelanggaran terhadap resolusi PBB dan hukum humaniter internasional," tutup pernyataan tersebut. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.