Dewan Pers

Dark/Light Mode

Dekati Penyimpanan Nuklir, Hamas Kembali Serang Pangkalan Udara Israel

Kamis, 20 Mei 2021 15:40 WIB
Tentara Israel berlindung di dekat perbatasan Israel-Gaza. [Foto: Tsafrir Abayov / Associated Press]
Tentara Israel berlindung di dekat perbatasan Israel-Gaza. [Foto: Tsafrir Abayov / Associated Press]

RM.id  Rakyat Merdeka - Kelompok perlawanan Palestina di Gaza kembali menembakkan roket ke Pangkalan Udara Hatsarim dan Tel Nof, serta beberapa pemukiman Zionis, sebagai aksi balasan terhadap serangan-serangan Israel ke Gaza.

"Kami telah menembakkan beberapa roket ke pangkalan udara rezim Zionis, Hatsarim dan Tel Nof," kata pernyataan resmi Brigade Izzuddin Al-Qassam, sayap militer organisasi Hamas Palestina, pada Kamis (20/5/2021) pagi, seperti dikutip laman Farsnews.

Suara sirene juga terdengar di pemukiman Israel seperti Kissufim, Reim, Nahal Oz, Negev, Beersheba dan Ofakim, menyusul serangan roket ini.

Berita Terkait : Lagi, Palestina Lancarkan Gelombang Baru Serangan Roket ke Israel

Kelompok perlawanan Palestina sebelumnya menyatakan, mereka akan merespons langsung serangan Israel dan tanpa menunda-nunda untuk membalasnya.

"Rezim Zionis akan membayar harga atas serangan terbuka terhadap rakyat Palestina di Masjid al-Aqsa, Quds, Tepi Barat dan Jalur Gaza," tegas kelompok perlawanan tersebut, seperti juga dikutip Pars Today.

Pangkalan Angkatan Udara Israel Tel Nof (Air Force Base 8), adalah salah satu dari tiga pangkalan udara utama Angkatan Udara Israel, di dekat Rehovot, Israel.

Berita Terkait : Roket Palestina Serang Rumah Pejabat Israel

Tel Nof menampung beberapa skuadron tempur, helikopter, dan angkutan udara. Di pangkalan ini juga adalah beberapa unit khusus Israel Defense Forces (IDF) - Angkatan Bersenjata Israel, termasuk Unit 669 (pencarian dan penyelamatan tempur lintas udara) dan pusat pelatihan pasukan terjun payung.

Pangkalan Udara Tel Nof ini terletak hanya beberapa mil dari kompleks Pangkalan Udara Sdot Micha, di mana senjata nuklir disimpan.

Tepat di sebelah selatan tempat latihan Zachariah Jericho 2, juga terdapat beberapa bunker keras yang menampung bom gravitasi nuklir untuk pesawat di pangkalan udara Tel Nof beberapa kilometer ke arah barat laut.

Berita Terkait : Lagi, Hujan Rudal Hamas Dekati Penyimpanan Senjata Nuklir Israel

Sementara Pangkalan Angkatan Udara Israel Hatzerim adalah pangkalan udara Angkatan Udara Israel di Gurun Negev di pinggiran barat Beersheba, dekat Kibbutz Hatzerim.

Akademi Penerbangan Israeli Air Force Flight Academy (IAF) –sekolah penerbangan IAF yang dianggap sebagai salah satu sekolah paling bergengsi di IDF, Angkatan Bersenjata Israel dan Tim Aerobatic IAF juga bermarkas di Hatzerim. [RSM]