Dark/Light Mode

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, KBRI Kiev Undang 36 Pelajar Kota Kremenchuk

Jumat, 21 Mei 2021 21:36 WIB
Dubes Yuddy Chrisnandi menerima cinderamata dari Andriy Melnyk, perwakilan Pemkot Kremenchuk. (Foto RM.id/KBRI Kiev)
Dubes Yuddy Chrisnandi menerima cinderamata dari Andriy Melnyk, perwakilan Pemkot Kremenchuk. (Foto RM.id/KBRI Kiev)

RM.id  Rakyat Merdeka - Duta Besar (Dubes) Indonesia untuk Ukraina, Prof Dr Yuddy Chrisnandi punya cara tersendiri untuk mempromosikan Indonesia kepada masyarakat Ukraina.

Pada 20 Mei 2021, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, Dubes Yuddy mengundang sejumlah pelajar Ukraina ke kantor KBRI dan Wisma Duta RI di Kiev, Ibu Kota Ukraina.

Sejumlah 36 pelajar itu dipilih dari 18 sekolah di Kota Kremenchuk, Provinsi Poltava, Ukraina. Mereka didampingi 12 orang guru dan dua pejabat Pemerintah Kota Kremenchuk.

“Pada kunjungan itu, para siswa mendapat penjelasan mengenai tugas para diplomat dan peran Kedutaan Besar RI Kiev dalam meningkatkan hubungan Indonesia dan Ukraina,” kata Yuddy dalam keterangan KBRI Kiev, Jumat (21/5/2021).

Para siswa dan guru terpilih dari berbagai sekolah kota Kremenchuk berfoto bersama Dubes RI Kyiv, Prof. Dr. Yuddy Chrisnandi dan dan Ny. Velly Elvira Chrisnandi di halaman Wisma Duta RI. (Foto RM.di/KBRI Kiev)

Baca juga : Politik Orang Sunda Populis, Tapi Tidak Kosmopolitan

 

Pada petermuan ini, para siswa mendapat informasi mengenai hubungan perdagangan Indonesia-Ukraina yang pada tahun 2020 total nilai perdagangannya mencapai 1,19 miliar dolar AS. Kemudian, tentang kunjungan wisatawan Ukraina ke Indonesia pada 2019 yang tercatat mencapai 35 ribu orang.

Selain itu, informasi kerja sama bidang politik dan sosial budaya yang ditandai dengan penandatanganan sejumlah nota kesepahaman, peluang beasiswa ke Indonesia dan informasi mendasar lainnya.“Para siswa juga berkenalan dengan kuliner dan musik Indonesia,” kata Yuddy.

Para siswa dan guru pendamping menikmati kuliner khas Indonesia di Wisma Duta RI. (Foto RM.id/KBRI Kiev)

Di Wisma Duta RI, para siswa dan guru pendamping menikmati aneka kuliner Nusantara. Mereka mengakui kelezatan citarasa makanan Indonesia. Para siswa juga diperkenalkan dengan permainan angklung interaktif yang dipandu Dr Prabowo Himawan, staf lokal KBRI Kiev yang juga dosen Bahasa Indonesia di Universitas Taras Shevchenko, Kiev.

Baca juga : KAI Gaet Trisakti Kembangkan Kawasan Stasiun Di DKI Jakarta

Para siswa memainkan angklung dengan lagu Burung Kakak Tua”. Mereka menyatakan kekaguman-nya pada angklung yang terbuat dari bambu namun mampu menghasilkan alunan musik yang mempesona. Dubes Yuddy kemu-dian menghadiahkan angklung kepada para siswa tersebut.

Acara semakin seru saat para siswa tersebut diajak bermain kuis yang menguji pengetahuan umum mereka tentang Indonesia. Dari pertanyaan mengenai nama presiden, warna bendera, sampai nama-nama pulau yang ada di Indonesia dengan lancar mereka jawab.

Para siswa antusias bermain angklung. (Foto RM.id/KBRI Kiev)

Setelah memperebutkan berbagai hadiah dalam kuis, para siswa kemudian diajak menyanyikan salah satu lagu Pop Indonesia Dekat di Hati dari grup RAN, yang liriknya dialihbahasakan ke Bahasa Ukraina oleh Iryna Zalevska, mahasiswa Sastra Indonesia di Universitas Taras Shevchenko.

Dengan iringan gitar dari Alan Maulana, mahasiswa Indonesia di Ukraina, Iryna kemudian memandu para siswa tersebut menyanyikan refrain lagu tersebut dalam Bahasa Ukraina.

Baca juga : Ketua KPK: Perlu Semangat Kebangkitan Nasional untuk Berantas Korupsi

Walau baru pertama kali mendengar lagu itu, melodi lagu yang catchy membuat para siswa langsung suka dan hapal irama lagu sehingga tanpa kesulitan mereka ikut bernyanyi.

Para siswa Ukraina berpose di depan replika stupa Borobudur di Anjungan Indonesia di Botanical Garden Kiev. (Foto RM.id/KBRI Kiev)

Rangkaian kunjungan mereka ditutup dengan rekreasi ke anjungan Taman Indonesia di MM Gryshko Botanical Garden yang memiliki bangunan tradisional ala Sunda “Sorondoy”, dan replika stupa Borobudur yang dibangun dan diresmikan Dubes Yuddy beberapa tahun sebelumnya.

Para siswa Ukraina dan guru pendamping merasa sangat berterima kasih dengan undangan dari Dubes Yuddy dan KBRI Kiev. Dari pengalaman ini, mereka merasakan keragaman budaya, kuliner dan mengenal lebih jauh potensi besar Indonesia sebagai salah satu negara penting di Asia.[MEL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.