Dark/Light Mode

Waduh, Dokter Salah Amputasi Kaki Pasien

Kamis, 27 Mei 2021 06:59 WIB
Ilustrasi kaki diamputasi. (Foto: Getty Images)
Ilustrasi kaki diamputasi. (Foto: Getty Images)

RM.id  Rakyat Merdeka - Seorang kakek asal Austria kaget ketika dia siuman dari operasi. Dia mendapati dokter salah mengamputasi kakinya.

Kakek berusia 82 tahun itu awalnya dibawa ke Klinik Freistadt di Austria, dekat perbatasan Ceko, karena menderita sejumlah penyakit.

Dia dijadwalkan menjalani amputasi kaki kiri. Namun begitu terbangun, dia kaget karena kaki yang diamputasi malah yang kanan.

Baca juga : Wagub DKI: Insya Allah Kapasitas RS Di Jakarta Aman

Juru Bicara Klinik menjelaskan, mereka juga kaget atas insiden yang terjadi pada 18 Mei itu, meski telah menerapkan standar ketat.

Klinik menyatakan, mereka menya dari kekeliruan tersebut ketika sedang mengganti perban pada Kamis pekan lalu (20/5).

Menurut klinik itu, dokter melakukan kesalahan sebelum operasi. Kendati dia sempat menandai kaki yang seharusnya diamputasi.

Baca juga : Ditahan KPK, Eks Dirkeu dan Investasi Asuransi Jasindo Bungkam

“Sayangnya kesalahan ini, di mana kaki kanan diamputasi berangkat dari kesalahan lain,” ujar Juru Bicara Klinik, dikutip dari Mirror, kemarin.

Si pasien yang tak disebutkan identitasnya itu ditawari bantuan psikologi, meski harus menunggu jadwal operasi untuk memotong kakinya yang sakit.

“Kami mengagendakan secepatnya,” jelas si juru bicara. [PYB]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.