Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Para Master Kopi Estonia Terpesona Kopi Indonesia

Senin, 31 Mei 2021 20:05 WIB
Para Master Kopi Estonia mencicipi kopi Indonesia dalam acara uji rasa, di Paper Mill Roastery, Kota Tallinn, Estonia, Jumat (28/5). (Foto: KBRI Helsinki)
Para Master Kopi Estonia mencicipi kopi Indonesia dalam acara uji rasa, di Paper Mill Roastery, Kota Tallinn, Estonia, Jumat (28/5). (Foto: KBRI Helsinki)

RM.id  Rakyat Merdeka - Para Master Kopi di Estonia terpesona setelah mencicipi berbagai kopi Indonesia, dalam acara uji rasa kopi, di Paper Mill Roastery, Kota Tallinn, Estonia, Jumat (28/5). Para Master Kopi itu adalah Margus Varvas dan Edgar Silputnin dar Paper Mill Roastery.

Sebanyak 11 jenis kopi Indonesia yang dibawa Kedutaan Besar RI di Finlandia merangkap Estonia ke acara itu berasal dari berbagai wilayah Indonesia dengan rasa yang kaya. Kopi-kopi itu adalah Arabica Bali Full Wash, Arabica Organic Aceh Gayo Bembeng Family, Arabica Papua Wamena, Arabica Sumatra Dolok Sanggul, Arabica Organic Java Preanger Wet Hull, Arabica Sumatra Lintong, Arabica Organic Java Preanger Natural, Robusta Toratima, Sulawesi, Arabica Organic Aceh Gayo Umang Super, Arabica Anjasari West Java, Mixed Variety, Arabica Frinsta Lactic West Java, Sigararutang.

Coffee Connoisseur sekaligus pemilik Paper Mill Roastery, Margus Varvas, mengungkapkan bahwa setelah mencicipi keunikan kopi Arabika Java Frinsa, gerai kopi miliknya berminat untuk menjual kopi specialty tersebut. Dia juga ingin mengunjungi Indonesia untuk mempelajari berbagai kopi specialty Indonesia lainnya.

“Indonesia merupakan negara penghasil kopi nomor 4 di dunia yang memiliki berbagai macam varietas kopi terbaik dunia dan 31 jenis kopi telah memiliki sertifikat indikasi geografis” ujar Dubes Ratu Silvy Gayatri, dalam keterangan yang diterima RM.id, Senin (31/5).

Dubes Silvy menyampaikan, tujuan uji rasa kopi di Estonia adalah untuk promosi kopi Indonesia. Selain itu, juga untuk mendapatkan informasi mengenai profil kopi yang sesuai dengan selera konsumen kopi specialty Estonia.

Estonia memiliki populasi sekitar 1,3 juta orang dan mengkonsumsi sekitar 4,5 kilogram kopi per kapita. Meskipun berpenduduk kecil, negara ini merupakan negara tujuan wisata di kawasan Nordik dan Baltik. Juga merupakan salah satu pusat perdagangan di kawasan Baltik yang dapat digunakan sebagai hub produk Indonesia. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.