Dark/Light Mode

Kunjungan Airlangga Buahkan Hasil

Singapura Tambah Bantuan Iso Tank dan Liquid Oxygen Ke Indonesia

Rabu, 14 Juli 2021 21:13 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, di Singapura, Selasa (13/7). (Foto: Ministry of Communications and Information Singapore)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) bertemu Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, di Singapura, Selasa (13/7). (Foto: Ministry of Communications and Information Singapore)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kunjungan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto ke Singapura langsung membuahkan hasil. Pemerintah Singapura berkomitmen menambah bantuan Iso Tank sebanyak 24 unit untuk penanganan pasien Covid-19 di Indonesia. Iso Tank akan dikirimkan secara bertahap dalam enam pekan ke depan.

Iso Tank merupakan kontainer berbentuk tangk yang memiliki ukuran standar tertentu yang umumnya digunakan untuk memuat kargo cair dan gas. Pemerintah memperkirakan, kebutuhan tambahan Iso Tank untuk pendistribusian oksigen sekitar 140 unit. Pemerintah Singapura sejauh ini sudah memberikan bantuan lima Iso Tank.

“Saat pertemuan dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong dan para Menteri Singapura, selalu ditanyakan bantuan apa yang bisa dilakukan Singapura, terutama di dalam penanganan Covid-19 di Indonesia. Pemerintah
Indonesia berterima kasih atas respons cepat untuk menambah peralatan yang dibutuhkan untuk distribusi oksigen. Sekarang ini tantangannya memang bagaimana produksi oksigen yang ada bisa cepat sampai kepada masyarakat yang membutuhkan,” ucap Airlangga, seperti keterangan yang diterima RM.id, Rabu (14/7).

Dalam upaya penanganan Covid-19, terutama varian Delta yang tingkat penyebarannya sangat cepat, Pemerintah terus mengambil langkah pengendalian penyebaran virus ini. Pemerintah telah menambah tempat-tempat isolasi mandiri untuk yang terinfeksi Covid-19. Penambahan ruang isolasi mandiri memerlukan dukungan peralatan, baik tabung silinder maupun Iso Tank, untuk mendistribusikan oksigen yang ada.

“Pemerintah Singapura berkomitmen menambah bantuan Iso Tank dan Liquid Oxygen sebanyak 24 unit. Melalui Smart Gas akan dilakukan refurnished terhadap Iso Tank yang tersedia di Singapura dan sebagian lagi akan dipesan yang baru dari Tiongkok,” ungkap Airlangga.

Dalam pertemuan dengan para pengusaha Indonesia di Singapura, Airlangga juga mengapresiasi inisiatif mereka untuk mengumpulkan bantuan oxygen concentrator. Sejauh ini sudah terkumpul 11 ribu oxygen concentrator, dan pengiriman pertama sebanyak 1.500 unit sudah tiba di Jakarta.

Ini merupakan hasil kolaborasi antara pengusaha Indonesia dan pengusaha Singapura diorganisir Temasek. Istri PM Singapura, Ho Ching, turun tangan langsung untuk memastikan donasi itu bisa terkumpul dan dikirimkan ke Indonesia sesegera mungkin. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.