Dark/Light Mode

Namanya Diumumin Di TV

Biar Kapok, Jepang Permalukan Orang Yang Nggak Mau Karantina

Selasa, 3 Agustus 2021 13:20 WIB
Warga Jepang mengenakan untuk menyaksikan api Olimpiade saat tur Reli Api Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima, Jepang.(Antara/Reuters/Kyodo)
Warga Jepang mengenakan untuk menyaksikan api Olimpiade saat tur Reli Api Olimpiade Tokyo 2020 di Fukushima, Jepang.(Antara/Reuters/Kyodo)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jepang memutuskan memberlakukan aturan unik demi menekan jumlah penularan Covid-19. Kementerian Kesehatan Negeri Sakura akan mengumumkan nama-nama orang yang enggan melaksanakan karantina setibanya di Jepang.

Sudah ada tiga nama yang diumumkan ke publik. Ketiga warga negara Jepang ini baru saja tiba setelah berpergian ke luar negeri.

Baca juga : LaNyalla Minta Bulog Jatim Gercep Salurkan Beras, Jangan Tunggu Rakyat Kelaparan

Ketiganya tidak mau mengikuti anjuran petugas Covid-19. Alhasil, nama ketiganya diumumkan di televisi nasional beserta alamat ketiganya.

Langkah ini dilakukan untuk mempermalukan setiap orang yang mengabaikan aturan protokol kesehatan Jepang.

Baca juga : Kota Mandiri Di Barat Jakarta, Paramount Petals Luncurkan Klaster Anyar

Kementerian Kesehatan seperti dikutip Reuters, Selasa (3/8), mengatakan pada Senin malam (2/8) bahwa tiga warga negara Jepang yang disebutkan namanya secara jelas telah bertindak untuk menghindari kontak dengan pihak berwenang setelah baru-baru ini pulang dari luar negeri.

Pengumuman tersebut, yang pertama dari jenisnya, memicu spekulasi di antara pengguna Twitter tentang rincian mereka yang diidentifikasi,termasuk pekerjaan dan lokasi keberadaan mereka.

Baca juga : Rosan P Roeslani: Lakukan Yang Terbaik Demi Merah Putih

Jepang meminta semua pelancong dari luar negeri, termasuk warganya sendiri, untuk melakukan karantina sendiri selama dua pekan.

Para pelancong juga diminta untuk menggunakan aplikasi ponsel pelacak lokasi dan melaporkan kondisi kesehatan mereka. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.