Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Muhyiddin Mundur, UMNO Sudah Nyiapin Pengganti

Minggu, 15 Agustus 2021 17:02 WIB
PM Malaysia Muhyiddin Yasin. (Foto: Ist)
PM Malaysia Muhyiddin Yasin. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Akhir pekan ini menjadi momen tersibuk bagi para politisi Malaysia dalam beberapa bulan belakangan. Mereka tengah mempersiapkan sosok pengganti Muhyiddin Yassin yang bakal mengundurkan diri besok.

Portal berita The Vibes melaporkan, Muhyiddin ternyata sudah bertemu sejumlah tokoh politik, salah satunya dengan Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO), blok terbesar dalam koalisi yang berkuasa. Pertemuan terjadi di Hotel Royale Chulan, Kuala Lumpur.

Baca juga : Mall Di Semarang Mulai Terapkan Syarat Sudah Divaksin Untuk Pengunjung

Sumber mengatakan Muhyiddin sepakat mundur dan mendukung pengajuan UMNO yang mencalonkan Wakil Ketua UMNO Ismali Sabri Yaakob sebagai perdana menteri yang baru dan Hamzah Zainudin dari Partai Bersatu sebagai wakil PM.

Namun, kesepakatan ini tidak akan sah sebelum disetujui Raja Malaysia, Sultan Abdullah. Kombinasi Umno-Bersatu akan memastikan, partai Muhyiddin selamat dari kejatuhan setelah pengunduran dirinya.

Baca juga : Muhidin: Meski Ekonomi Tumbuh, Kita Jangan Lengah

Tawaran jabatan tertinggi kepada wakil presiden UMNO Ismail Sabri, yang merupakan wakil perdana menteri dan menteri pertahanan saat ini, akan berarti kekalahan bagi Bersatu.

Namun, sumber mengatakan bahwa kesepakatan ini dibuat Muhyiddin dengan Ismail Sabri agar perwakilan Partai Bersatu tetap berada di posisi penting pemerintahan setelah dia mengundurkan diri. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.