Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Holding BUMN Utra Mikro Naikkan Kelas Pengusaha Kecil

Kamis, 17 Juni 2021 16:12 WIB
Wakil Ketua Komisi VI DPR Gde Sumarjaya Linggih. (Foto: Ist)
Wakil Ketua Komisi VI DPR Gde Sumarjaya Linggih. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menyebut, struktur ekonomi di Indonesia, 99 persen lebih berasal dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Namun, pembiayaan kredit perbankan UMKM di Indonesia baru mencapai 19,97 persen berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM.

Wakil Ketua Komisi VI DPR Gde Sumarjaya Linggih menyakini, melalui pembentukan Holding BUMN Ultra Mikro diharapkan mampu mendorong pengembangan UMKM dalam akses permodalan, pembayaran dan penguatan digitalisasi UMKM yang masih rendah.

Baca juga : Urusan Sampah Dan Urusan Corona Sama-sama Genting

"Tanpa penetrasi yang kuat akan sulit bagi usaha mikro dan kecil untuk meningkatkan kapasitas usaha dan daya saing. Holding ini diharapkan juga dapat membina pelaku UMKM untuk menerapkan pola-pola usaha yang lebih modern," ujar Politisi Senior Partai Golkar dalam keterangannya, Kamis (17/6).

Dirinya juga berharap, dengan pembentukan holding BUMN Ultra Mikro, UMKM dapat naik kelas.

Baca juga : Temui Nelayan Sampang, Anggota Dewan Dimintai Jamban

"Pendekatan bisnis dari Holding Ultra Mikro ini diharapkan menjadi model pengembangan bisnis yang menjembatani usaha mikro naik kelas memasuki segmen usaha kecil dan menengah," kata dia.

Model ini, diharapkannya menjadi pengungkit bagi sektor mikro dan UMKM untuk terus tumbuh dan menjadi pendorong pemulihan ekonomi nasional. Maka, melalui penggabungan ini diharapkan terjadi efisiensi dan efektivitas peningkatan kapasitas UMKM dan kemudahan akses pembiayaan bagi kelompok usaha kecil.

Baca juga : Gus AMI: Patuhi Prokes Agar Ekonomi Pulih Dan Tumbuh

Penggabungan Holding BUMN Ultra Mikro ini dimaksudkan untuk dapat meningkatkan kinerja dan sinergi BUMN-BUMN dengan tanpa menghilangkan keunikan produk dan fokus bisnisnya yang berbeda satu sama lain, memperluas pasar, dan meningkatkan keuntungan. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.