Dewan Pers

Dark/Light Mode

Peringati HUT RI Ke-76

KBRI Tokyo Gelar Wayang Kulit Berbahasa Jepang

Senin, 16 Agustus 2021 21:00 WIB
Pementasan Wayang Kulit secara virtual di Wisma Duta Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dalam rangka Hut Kemerdekaan RI 76,Minggu (15/8). [Foto KBRI Tokyo]
Pementasan Wayang Kulit secara virtual di Wisma Duta Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo dalam rangka Hut Kemerdekaan RI 76,Minggu (15/8). [Foto KBRI Tokyo]

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-76, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo menggelar pementasan Wayang Kulit secara virtual di Wisma Duta. 

Pementasan wayang kulit secara virtual berlakon Dewa Ruci ini menampilkan Ki Dalang Rofit Ibrahim dari grup HanaJoss dengan iringan grup gamelan Lambang Sari. 
 
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI), Heri Akhmadi mengatakan pergelaran Wayang Kulit ini merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Kemerdekaan RI ke-76.
 
"Indonesia dan Jepang dikenal sebagai bangsa yang memiliki filosofi hidup yang mendalam. Lakon Dewa Ruci berkisah tentang pencarian makna hidup. Semoga ini semakin mempererat tali persaudaraan masyarakat Indonesia dan Jepang sebagai bangsa yang melestarikan tradisi, filosofi dan warisan budaya," kata Dubes, Heri melalui keterangannya Minggu (15/8).
 
Acara pementasan wayang kulit ini dihadiri langsung oleh  Direktur Jenderal/Asisten Menteri Urusan Global Kementerian Luar Negeri Jepang, Keiichi Ono dan Ibu Hikariko Ono, mantan Dubes Jepang untuk Indonesia, Ishii Masafumi dan Ibu Sayoko Ishii, serta para pemimpin perusahaan dan asosiasi bisnis Jepang.
 
Mantan Dubes Jepang RI, Ishii Masafumi mengapresiasi digelarnya acara Wayang Kulit berbahasa Jepang ini.
 
"Ini hari yang membahagiakan dengan penyelenggaraan wayang kulit ini. Saya terkesan dengan wayang yang dikemas dalam bahasa Jepang. Favorit saya adanya selipan adegan humor dalam acara wayang ini," ujar Ishii. 

Berita Terkait : PUPR Persembahkan 3 Ruas Jalan Tol Baru

Ki Dalang Rofit Ibharim (34 tahun) dan istrinya Hiromi Sasako (sinden)  konsisten mempromosikan gamelan khas Jawa dan seni pewayangan di Jepang sejak 16 tahun lalu. 

Rofit adalah lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta membentuk kelompok gamelan HannaJoss dan mendirikan Bintang Laras, sekolah musik gamelan di rumahnya,
 
Lakon Dewa Ruci merupakan salah satu dewa dalam epos cerita pewayangan Mahabarata. Berkisah tentang pertemuan Dewa Ruci dengan tokoh Pandawa Lima Bima atau Werkudara. 

Berita Terkait : Jelang HUT RI Ke-76, Media Amal Islami Berikan Santunan Untuk Dhuafa dan Anak Yatim

Bima dalam kisah ini tengah dalam misi mencari air kehidupan. Perjalanan Bima mencari air kehidupan yang penuh dinamika ini sarat akan pesan moral tentang perjuangan manusia mengalahkan hawa nafsu. [MFA]