Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jelang Hut RI Ke-76, HNW Sebar Paket Bantuan Untuk Veteran

Minggu, 15 Agustus 2021 19:08 WIB
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW). (Foto: Ist)
Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid (HNW) membagikan paket bantuan kepada 76 veteran dari Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) di Jakarta Selatan dan Jakarta Pusat, Sabtu (14/8). Bantuan tersebut diberikan untuk menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-76.

Bantuan ini juga simbol apresiasi jasa para veteran yang telah berjuang menjadi abdi negara maupun membela kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945. Turut hadir dalam acara tersebut Marsda TNI (Purn) Sri Budjono sebagai Ketua DPD LVRI Provinsi DKI Jakarta beserta seluruh jajaran dan anggotanya. Pembagian berlangsung dengan tetap menerapkan pembatasan dan protokol kesehatan.

"Semoga para pejuang selalu dijaga oleh Allah, dikaruniai kesehatan dan keberkahan umur, serta dapat mewariskan semangat juang dan patriotisme kepada generasi berikutnya. Agar cita-cita Proklamasi Indonesia merdeka bisa terus dijaga dan diwariskan sampai nanti 1 abad Indonesia merdeka hingga seterusnya," demikian disampaikan HNW secara virtual dalam acara Silaturahmi dengan veteran di DKI Jakarta, Sabtu (14/8).

Berita Terkait : Jelang Liga 1, Jacob Pepper Pamit dari Madura United

Wakil Ketua Majelis Syura PKS ini menjelaskan, Fraksi PKS khususnya di Komisi I DPR angat mendukung Revisi UU Nomor 15 tahun 2012 tentang Veteran Republik Indonesia untuk memberikan Jaminan Kesehatan dan Kesejahteraan yang lebih baik bagi para veteran.

Misalnya, Peraturan Pemerintah nomor 13 tahun 2018 sebagai pelaksanaan dari UU Veteran hanya menetapkan tunjangan bagi veteran paling besar adalah Rp 2 juta per bulan. Angka tersebut jauh lebih rendah dari Upah Minimum yang berkisar Rp 3-4 juta per bulan.

Hidayat menyampaikan, Fraksi PKS di DPR sangat terbuka untuk menerima dan memperjuangkan aspirasi veteran, karena PKS adalah partai Islam yang sangat mencintai Indonesia dan para pahlawannya.

Berita Terkait : HUT RI Ke-76, Brimob Jemput Bola Vaksinasi Untuk Disabilitas Dan ABK

"Kami tahu, misalnya Bapaknya TNI yakni Jenderal Sudirman, sejatinya adalah seorang santri, murid dari Kiai Subchi asal Parakan. Ini menandakan kedekatan hubungan antara kepahlawanan dan nasionalisme dengan agama dan ulamanya," ujarnya.

Program dan kehadiran HNW tersebut disambut antusias oleh Pimpinan Legiun Veteran di Jakarta. Salah satu Anggota Legiun Veteran Republik Indonesia yang hadir yakni Letkol (Purn) Slamet Subuh sebagai Ketua DPC LVRI Kota Jakarta Pusat.

Ia menyampaikan apresiasi kepada HNW atas perhatiannya kepada para veteran. Slamet bahkan berharap Anggota DPR dan MPR lainnya turut serta memperhatikan dan membantu veteran di setiap daerahnya masing-masing.

Berita Terkait : Rayakan HUT RI KE-76, Ancol Gandeng PPI Kibarkan Bendera dalam Air

"Kami sangat menghormati dan apresiasi tinggi kepada Bapak HNW telah memperhatikan kami. Bahwa kami ini telah berjuang tanpa batas dan tanpa pamrih bahkan hingga saat ini. Semoga bapak-bapak yang lain dari DPR, MPR akan mengikuti. Yang jelas ketulusan bapak ada di hati kami," ungkap Slamet yang turut dibenarkan oleh Ketua LVRI DKI Jakarta Marsda TNI (Purn) Sri Budjono. [TIF]