Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Peringati HUT RI Ke 6

PUPR Persembahkan 3 Ruas Jalan Tol Baru

Senin, 16 Agustus 2021 18:19 WIB
ilustrasi (foto; ist)
ilustrasi (foto; ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menyambut HUT RI ke-76, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merampungkan pembangunan tiga ruas jalan tol baru sepanjang 69 km. Berikut, satu jalan lingkar sepanjang 17,4 km di sejumlah provinsi.

Adapun empat ruas jalan tersebut siap beroperasi guna meningkatkan konektivitas. Serta, kelancaran lalu lintas dan logistik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Kami selesaikan pembangunan 3 ruas jalan tol dan jalan lingkar yang bertepatan dengan momentum Dirgahayu RI ke-76. Ini bukti bahwa pemerintah terus bekerja di tengah pandemi," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimoeljono dalam keterangan resmis, Senin (16/8).

Ruas jalan tol pertama yang siap diresmikan ialah bagian dari jalan tol pertama di Kalimantan, yakni Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) Seksi I ruas Balikpapan–Samboja (22 Km). Lalu, Seksi V ruas Sepinggan-Balikpapan (11,1 Km).

Baca juga : PT KAI Berkomitmen Tetap Tangguh Dan Tumbuh Di Masa Pandemi

Dua ruas tersebut dianggap titik krusial untuk operasi penuh Tol Balsam dengan seksi II, III dan IV telah diresmikan pengoperasiannya oleh Presiden Joko Widodo. Dengan beroperasinya ruas tol Balsam secara utuh, diharapkan dapat memangkas biaya logistik barang dan jasa.

Pun, waktu tempuh antar Balikpapan-Samarinda turun menjadi 1 jam, dari sebelumnya sekitar 3 jam. Dari lima seksi ruas tol, Kementerian PUPR dan Pemprov Kalimantan Timur memberikan dukungan pembangunan konstruksi di Seksi I dan Seksi V, yang bertujuan meningkatkan kelayakan finansial ruas tol tersebut.

Jalan Tol Balsam juga menjadi akses menuju Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan. Akses menuju bandara ini dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit, dengan melewati Seksi V ruas Balikpapan–Sepinggan.

Ruas tol kedua yang siap diresmikan adalah Tol Serang–Panimbang Seksi 1 sepanjang 26,5 km, yang menghubungkan Serang–Rangkasbitung. Pembangunan Tol Serang–Panimbang (83,67 km) yang terdiri dari tiga seksi, dikerjakan melalui skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Baca juga : Jelang HUT RI Ke-76, Rupiah Loyo

Untuk Seksi 1-2 menjadi porsi Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) oleh PT Wijaya Karya Serang Panimbang dan Seksi 3 porsi pemerintah. Kehadiran Tol Serang-Panimbang diharapkan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan.Seperti, dari Jakarta menuju kawasan pariwisata Tanjung Lesung yang sebelumnya membutuhkan waktu tempuh hingga 4-5 jam, kemudian menjadi 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 100 km/jam.

Ruas tol ketiga yang siap diresmikan, yakni Jalan Tol Layang Dalam Kota Seksi Kelapa Gading-Pulo Gebang sepanjang 9,3 km. Tol ini akan terkoneksi dengan jaringan Jalan Tol JORR Seksi E menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Marunda dan Pelabuhan Tanjung Priok.

Seksi ini bagian dari pembangunan tahap 1 Jalan Tol Layang Dalam Kota dengan investasi, yang dilaksanakan kontraktor pelaksana PT Jaya Konstruksi–PT Adhi Karya (KSO).

Selain jalan tol, terdapat satu ruas jalan nasional yang siap diresmikan, yakni Jalan Lingkar Brebes–Tegal di Jawa Tengah sepanjang 17,4 km.

Baca juga : Rayakan HUT RI KE-76, Ancol Gandeng PPI Kibarkan Bendera dalam Air

Pembangunan itu untuk mendukung konektivitas dan kelancaran arus lalu lintas di wilayah Brebes dan Tegal. Adapun pembangunan ruas jalan tersebut diyakini dapat menggenjot pusat pertumbuhan ekonomi wilayah di koridor Tol Trans Jawa di sekitar Pantai Utara, Jawa Tengah. [EFI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.