Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jelang Pengumuman Calon PM Malaysia Ke-9

Sore Ini, Sultan Abdullah Kumpulkan 9 Raja Negara Bagian

Jumat, 20 Agustus 2021 14:58 WIB
Raja Malaysia, Sultan Abdullah Riayatuddin Mustafa Billah Shah (Foto: Instagram)
Raja Malaysia, Sultan Abdullah Riayatuddin Mustafa Billah Shah (Foto: Instagram)

RM.id  Rakyat Merdeka - Sembilan raja negara bagian Malaysia akan bertemu Raja, Sultan Abdullah Riayatuddin Mustafa Billah Shah di Istana Negara, Kuala Lumpur, Jumat (20/8) sore.

Pertemuan ini merupakan agenda penting berikutnya, sebelum Raja Malaysia mengumumkan nama calon Perdana Menteri ke-9.

Nama yang makin mengerucut adalah Ismail Sabri Yaakob, yang saat ini menjabat Wakil Perdana Menteri.

Berita Terkait : Oktober, Malaysia Buka Kegiatan Ekonomi, Kontrol Pergerakan Di Mayoritas Negara Bagian Dicabut

Meski Raja Malaysia memiliki kewenangan dalam menentukan siapa yang dapat memimpin mayoritas di parlemen, pendukung Ismail Sabri telah mendeklarasikan kemenangan.

Deklarasi tersebut disampaikan, setelah 114 anggota parlemen dari total 220 menghadap Sultan Abdullah, untuk mengafirmasi dukungan mereka terhadap Wakil Presiden Organisasi Nasional Melayu Bersatu (UMNO) itu.

"Dengan dukungan 114 anggota parlemen, Ismail Sabri telah meraih suara mayoritas," kata Sekretaris Jenderal UMNO Ahmad Maslan kepada wartawan, setelah audiensi dengan Raja.

Berita Terkait : Alhamdulillah Ya...Ikan Sepat Ikan Gabus, Makin Cepat Makin Bagus

The Straits Times mengungkap, raja-raja yang berkuasa negara bagian itu tak menginginkan adanya perselisihan antar parati koalisi, yang dapat mengganggu jalannya pemerintahan. Seperti yang terjadi pada Perikatan Nasional pimpinan Muhyiddin Yassin.

Seperti diketahui, Muhyiddin menanggalkan jabatan Perdana Menteri pada Senin (16/8),  setelah sejumlah anggota parlemen UMNO menarik dukungan. Sehingga, Muhyiddin kehilangan suara mayoritas.

114 anggota parlemen yang mendukung Ismail adalah replika persis dari mereka yang berada di pemerintahan Muhyiddin. Termasuk, anggota Perdana Menteri PartaiPribumi Bersatu Malaysia, Partai Islam SeMalaysia, Gabungan Parti Sarawak (GPS), UMNO, serta beberapa partai kecil dan independen.

Berita Terkait : Ngeri! Penularan Corona Malaysia Kalahkan India

Pemimpin Oposisi yang juga Mantan Wakil Perdana Menteri Anwar Ibrahim turut meramaikan bursa calon Perdana Menteri ke-9 Malaysia. Namun, ia hanya mendulang 105 suara.

Situasi politik yang tidak stabil ini menambah runyam kondisi Malaysia, yang saat ini berjuang mengatasi situasi Covid-19 yang lebih mematikan. Meski sudah lockdown 4 bulan dan mempercepat vaksinasi, lonjakan kasus Covid tetap tak terhindarkan. [HES]