Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Makin Banyak, Wartawan Ethiopia Ngebet Berkunjung Ke Indonesia

Kamis, 26 Agustus 2021 21:20 WIB
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur (kanan) bersama para wartawan Ethiopia mengikuti Journalist Visit Program (JVP) 2021 secara virtual, Kamis (26/8). (Foto: KBRI Addis Ababa)
Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur (kanan) bersama para wartawan Ethiopia mengikuti Journalist Visit Program (JVP) 2021 secara virtual, Kamis (26/8). (Foto: KBRI Addis Ababa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wartawan Ethiopia yang ingin berkunjung ke Indonesia semakin banyak. Mereka ingin sekali melihat secara langsung potensi dan peluang kerja sama Ethiopia dan Indonesia. Selama ini mereka mengetahui perkembangan dan kemajuan Indonesia yang pesat dari berbagai sumber. 

Mereka juga menekankan bahwa potensi dan peluang kerja sama tersebut harus digali dan diwujudkan dalam bentuk kerja sama nyata kedua negara. Karena itu, peran media, khususnya wartawan, sangat dibutuhkan. 

Baca juga : Gaet Yokke, Bank Mandiri Hadirkan EDC Android Belanja Di Sogo Indonesia

Hal itu mengemuka dalam bincang-bincang Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti, dan Uni Afrika Al Busyra Basnur dengan tiga wartawan Ethiopia setelah mereka mengikuti Journalist Visit Program (JVP) 2021 secara virtual, Kamis (26/8). Tiga wartawan Ethiopia tersebut adalah Sisay Sahlu Nigatu (The Reporter), Yodit Admassu Teferra (African View TV), dan Jerusalem Betsiha (Ethiopian Broadcasting Corporation). 

“Untuk mempromosikan Indonesia di Ethiopia, tahun 2019, KBRI Addis Ababa mengundang sejumlah wartawan Ethiopia ke Indonesia. KBRI juga rutin mengadakan pertemuan dan menyampaikan update Indonesia kepada wartawan dan media Ethiopia,” kata Dubes Busyra. 

Baca juga : Kembangkan UMKM Digital, Smartfren Raih Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Namun, sejak pandemi Covid-19, program pengiriman wartawan Ethiopia ke Indonesia belum bisa dilanjutkan dan harus dijadwal ulang. KBRI Addis Ababa terus mendorong dan berharap tahun depan dapat mengirimkan kembali wartawan Ethiopia ke Indonesia. “Hampir setiap kali saya bertemu dengan wartawan Ethiopia, mereka mengatakan ingin sekali berkunjung ke Indonesia untuk melakukan kegiatan jurnalistik,” tambah Dubes Busyra.

JVP 2021, Africa and Indonesia: Cooperation Overview on Infrastructure, Transport and Health Industry, diselenggarakan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu). Program tersebut diikuti 50 wartawan dari 14 negara Afrika yaitu Ethiopia, Kenya, Mauritius, Guinea, Guinea Bissau, Senegal, Nigeria, Afrika Selatan, Madagaskar, Mozambik, Mali, Gambia, Zimbabwe, dan Sierra Leone.

Baca juga : Pekan Depan, Partai Emas Siap Daftar Ke Kemenkumham

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik Kemlu Teuku Faizasyah mengatakan, JVP bertujuan memperkuat diplomasi dan kerja sama Indonesia melalui media nasional dan internasional. Hadir sebagai pembicara dan tuan rumah virtual tour Indonesia antara lain Hidayat Setiadji (Bio Farma), Elfandari (Kimia Farma), Agung Sedaju (PT INKA), dan Ridha Farid (Indonesia Eximbank). [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.