Dark/Light Mode

Belum Kasih Izin Umroh Ke WNI

Salman Raja Tega

Jumat, 27 Agustus 2021 08:32 WIB
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz (Foto: AFP)
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz (Foto: AFP)

 Sebelumnya 
Solusinya harus diselesaikan dari hulu, yaitu bisa menurunkan tingkat penyebaran dan tingkat kematian. Khoirizi pun mengimbau masyarakat dan para calon jemaah umroh melakukan vaksinasi Covid-19 agar pandemi bisa dikendalikan. Apabila pandemi sudah berhasil dikendalikan, ada kemungkinan suspend terhadap penerbangan dari Indonesia bisa dicabut.
 
Ia pun berharap, pengelola biro perjalanan ibadah umroh fokus mendorong anggota jemaah pengguna layanan untuk mengikuti vaksinasi. Jumlah jemaah umroh yang terdaftar cukup banyak. Sekitar 60 ribu. 

Baca juga : Peluang Ekspor Kopi Ke Negeri Paman Sam Sangat Besar

Pada penyelenggaraan umroh tahun ini, Pemerintah Saudi mengizinkan jemaah menggunakan vaksin buatan Sinovac dan Sinopharm, yang banyak digunakan di Indonesia. Namun, tetap meminta jemaah mendapat tambahan satu dosis vaksin buatan AstraZeneca, Pfizer, Moderna, atau Johnson & Johnson.
 
Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI) Firman M Nur sedih dengan belum dibukanya umroh bagi Indonesia. Kata dia, sudah lebih dari 1,5 tahun biro travel haji dan umroh tak memberangkatkan jemaah ke Tanah Suci. Keadaan ini menghantam keuangan biro travel.
 
Dari calon jemaah umroh, masih berharap Saudi mau membuka untuk WNI. Salah satu harapan itu diungkap pedangdut Inul Daratista. Di akun Instagramnya, @inul.d, dia membagikan foto saat memakai mukena dengan Al-Qur’an di depannya. "Semoga tahun depan makkah bisa dibuka untuk umum," tulis Inul.

Baca juga : Zoe Kravitz Kepergok Sepedaan Bareng Tatum

Inul mengaku punya janji memberangkatkan 65 orang untuk umroh. Dikarenakan pandemi, ibadah umroh tersebut harus ditunda. "Semoga Allah SWT menyelesaikan pandemi ini. Aamin. Saya minta maaf karena kondisi belum bagus tidak berani melepas calon jemaah," tutupnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.