Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

RI dan Italia Akan Perkuat Kerja Sama Perdagangan

Selasa, 29 Juni 2021 07:00 WIB
Pertemuan Menlu Retno Marsudi dengan Menlu Italia Luigi di Maio. (Foto : Kemenlu RI).
Pertemuan Menlu Retno Marsudi dengan Menlu Italia Luigi di Maio. (Foto : Kemenlu RI).

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Luar Negeri (Men­lu) Indonesia Retno Marsudi mengungkapkan, Italia dan Indonesia sepakat memba­has kerja sama perdagangan, investasi, vaksin serta sejumlah isu kawasan dan inter­nasional.

“Tahun ini Italia memegang presidensi G20, dan tahun depan giliran Indonesia men­jadi presiden G20. Kami sepa­kat berkomitmen untuk saling mendukung presidensi masing-masing,” kata Retno melalui rekaman audio yang dikirim ke media oleh Kementerian Luar Negeri, kemarin.

Baca juga : PT Pasar Antardesa dan PT Pos Teken Kerja Sama Kembangkan Potensi Desa

Komitmen itu disampaikan Retno usai melakukan per­temuan dengan Menlu Italia Luigi Di Maio dan Menlu Ka­nada Marc Garneau di Roma pada Minggu (27/6) waktu setempat.

Menlu Kanada Marc Garneau juga menyampaikan dukungan atas presidensi Indonesia di G20 untuk tahun 2022. Secara bilateral, Garneau dan Retno juga menyambut baik dimulai­nya negosiasi Perjanjian Kemi­traan Ekonomi Komprehensif (CEPA) Indonesia-Kanada.

Baca juga : Buat Azzurri, Pujian Adalah Racun

“Saya juga menekankan pentingnya penguatan kerja sama vaksin global yang men­jadi perhatian Indonesia dan Kanada. Selain itu, kami juga membahas beberapa isu ka­wasan yang menjadi perhatian bersama,” tutur Retno.

Untuk diketahui, Indonesia terus mematangkan persiapan menjadi tuan rumah side event Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 2022.

Baca juga : RI Dan Maroko Perkuat Kerja Sama Bilateral Di Bidang Energi

Pertemuan G20 akan fokus pada penguatan multilateralisme, tata kelola global, ketahanan pangan dan pemuli­han berkelanjutan di negara- negara berkembang, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Kelompok tersebut berharap dapat memimpin respons internasional terhadap pandemi Covid-19, sehingga diharap­kan diskusi seputar respons dan strategi internasional akan lebih menonjol dalam per­temuan tersebut. [NOV]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.